Ganjar Razuni : Pentingnya Peran Mahasiswa Dalam Politik

JOMBANG: Sekretaris Anggota Wantimpres RI, Ganjar Razuni Menyebutkan pentingnya peran mahasiswa dalam proses pengawalan dan pemahaman kepada masyarakat umum.

Hal ini disampaikan saat melakukan pendampingan kepada puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Universitas Nasional (Unas), Jakarta selatan. Saat melakukan pengabdian masyarakat di Desa Mojotrisno Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur.

“Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maka locusnya adalah masalah politik, jadi bagaimana mahasiswa bisa ikut mencerdaskan masyarakat pada umumnya sehingga dapat memilih pemimpin sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya,”Ujarnya. Selasa, 20 Juni 2023.

Ia menambahkan, mahasiswa juga harus bisa memberikan pendidikan politik kepada masyarakat tentang bagaimana mekanisme politik. “Salah satu contohnya MK sudah memutuskan sistem pemilu proposional terbuka, Masyarakat kan juga harus tau soal itu,”Imbuhnya.

Masih menurut, Dosen Senior di Universitas Nasional Ini, para mahasiswa juga diharapkan mampu melihat proses politik keseharian di desa tempat melakukan pendampingan.

“Ada jabatan Kepala desa, ada penggunaan dana desa serta ada pula BPD, jadi mahasiswa mampu melihat proses politik yang ada selain itu, Politik bukan sebagai alat elektoral saja, tetapi juga bisa menjadi wahana pendidikan politik bagi masyarakat Luas,”Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *