20 Ribu Personel Gabungan Disiagakan Amankan Nataru

  • Bagikan
Ilustrasi Tahun Baru
Ilustrasi Tahun Baru

SURABAYA – Polda Jawa Timur mencatat ada 20 ribu personel gabungan TNI-Polri dan steakholder diterjunkan untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Jatim. Nantinya mereka akan disiagakan di Pos Pengamanan (Pospam) yang tersebar di 87 titik di Jatim.

“Kami siapkan Pospam di 87 titik. Namun nanti di kabupaten/kota, juga ada pelaksanaan pengaman internal gereja yang didukung NU dan Muhammadiyah,” kata Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta, di Surabaya, Jumat, 24 Desember 2021.

Nico menegaskan, aparat gabungan di semua Pospam kali ini tidak akan melakukan penyekatan kendaraan. Petugas nantinya hanya akan melakukan pengecekan secara acak atau random sampling.

“Untuk menjalankan Inmendagri maupun SE Menteri Agama Nomor 31, kami imbau masyarakat melengkapi vaksin kedua dan sudah tes antigen maupun PCR,” katanya.

Untuk menunjang persyaratan itu, Nico memastikan bahwa di setiap Pospam nantinya juga akan menyediakan fasilitas vaksinasi di tempat. Sehingga bagi pengguna jalan yang belum vaksin, bisa disuntik vaksin di tempat.

“Kami berharap kepada masyarakat, jika tidak ada kegiatan agar tetap di rumah. Namun jika keluar rumah kami akan menyiapkan vaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, mengatakan bahwa operasi Lilin Semeru ini digelar selama 10 hari mulai 23 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 dengan fokus pengamanan 54.959 obyek di seluruh indonesia.

“Baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *