UMKM Sumenep Diyakini Berjaya dengan Manfaatkan Peluang Ekonomi di Bulan Ramadhan

SUMENEP: Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Selain menjadi bulan penuh berkah dan ampunan, bulan Ramadhan juga menjadi momen kebangkitan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan bulan Ramadhan untuk meningkatkan omzet dan keuntungan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktivitas usaha pada bulan ini, terutama pada bisnis kuliner.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan, menjadi peluang bagi para pelaku usaha kecil menengah tersebut untuk bangkit.

“Momen ramadhan ini dapat kita gunakan untuk bangkit, kembali pulih setelah sekian lama perekonomian kita lesu,” kata Tsubutul Iman, salah satu pengamat ekonomi di Kabupaten Sumenep.

Menurut pria yang juga merupakan alumni dari Kampus Instika Sumenep ini, untuk dapat memanfaatkan momen Ramadhan dengan baik, pelaku UMKM perlu melakukan persiapan dengan matang. Persiapan yang dilakukan antara lain menyediakan persediaan yang cukup, menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen pada bulan Ramadhan, serta melakukan promosi secara efektif.

“Dalam hal promosi ini, pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produknya kepada lebih banyak orang. Selain itu, pelaku UMKM juga dapat memasarkan produknya secara online,” jelasnya.

Dia berharap pelaku UMKM dapat memanfaatkan momen berharga ini untuk membangun usahanya. Hadirnya bazar ramadhan di hampir semua kecamatan di Sumenep ini akan menjadi kesempatan baik untuk memperkenalkan produk usahanya kepada masyarakat.

“Apalagi Bupati Fauzi saat ini sedang mendorong UMKM untuk terus tumbuh dengan diadakannya bazar takjil dan kuliner di hampir semua kecamatan. Jadi UMKM kita harus bangkit untuk mendorong perekonomian daerah dan nasional,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, pelaku UMKM, khususnya PKL, memang harus dirangkul. Sebab, mereka merupakan salah satu penggerak perekonomian.

“Hampir semua kegiatan di Pemkab Sumenep para UMKM selalu kami libatkan. Makanya, setiap kegiatan calendar of event itu kami menyediakan tempat untuk pelaku UMKM. Karena saya ingin mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” jelas bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *