Mahasiswa UNIM, Dua Kali Wakili Indonesia dalam even budaya Internasional

MOJOKERTO : Dicki Rahmawan (23) Seorang Mahasiswa asal Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto berhasil mewakili indonesia dalam even Training Budaya China Tiongkok yang digelar di Malaysia, Bukan hanya sekali, melainkan dua kali secara berturut-turut.

Even yang dilaksanakan di Kuala Lumpur Malaysia dari tanggal 7 sampai 25 February 2024 tersebut, dihadiri dari perwakilan beberapa negara yang ada di Asean, seperti, Malaysia, Myanmar, china.

Dalam even tersebut para peserta akan diajari tentang aspek budaya tiongkak seperti seni klasik, kebiasaan sehari-hari, belajar bahasa mandarin dan berpatisipasi dalam upara adat.

Dicki menuturkan, sebelum terpilih dirinya harus mengalahkan 50 peserta dari berbagai kota yang ada di Jawa Timur. Saat berada di malaysia hadir 80 orang dari berbagai negara yang mengikuti hal tersebut.

“Seleksinya di Surabaya, ada sekitar 50
Peserta, namun yang lolos hanya sepuluh orang dan berangkat kesini,”Ujarnya saat dihubungi Dicki Rahmawan, Mahasiswa FKIP UNIM MojokertoKabarjatim.com. Senin, 19 Februari 2024.

Pemuda asal Kabupaten Lamongan tersebut menuturkan, dalam even internasional tersebut, para peserta akan diberikan wawasan tentang bagaimana budaya tiongkok yang ada baik Adat bahasa dan tarian.

“Salah satunya tradisi Tarian singa atau barongsai yang selama ini kita lihat dan dimainkan, ternyata memiliki unsur budaya yang sangat kental dan beritahukan wawasan mengenai hal tersebut,”imbuhnya.

Masih menurut Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) ini, Dampak Positif yang diterimanya adalah dirinya lebih belajar dalam menghargai keberaneragaman budaya yang ada. “Pengalaman ini sangat memperkaya pengetahuan, sehingga nanti pasca pulang ke tanah air, dapat menyebar luaskan pemahaman keaneragaman budaya sehingga dapat menjadi insa yang lebih baik,”Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *