Gempa Melanda Mojokerto, Guncangan Terasa hingga Pasuruan dan Gresik

Dua Kecamatan di Sumenep Rasakan Gempa Bumi
Ilustrasi

MOJOKERTO – Gempa berkekuatan M4,6 mengguncang Mojokerto, Jawa Timur, pukul 20.44 WIB, Senin (19/6/2023). Getaran gempa turut dirasakan daerah sekitar seperti Pasuruan, Surabaya, Lamongan, dan Gresik.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan.

“Gempa Bumi Mojosari, Mojokerto Mag 4.6 kedalaman 9 km malam ini dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan. Gempa ini tidak terletak pada jalur Sesar Surabaya,” tulis Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dikutip dari laman media sosial pribadinya.

Sementara pusat gempa terpantau berada di darat 10 km Timur Laut Kabupaten Mojokerto pada koordinat 7.49 Lintang Selatan – 112.54 Bujur Timur. Gempa berpusat di kedalaman 9 kilometer.

“Gempa Mag:4.6, 19-Jun-23 20:44:01 WIB, Lok:7.49 LS,112.54 BT (10 km TimurLaut Kab-Mojokerto-Jatim), Kedalaman:9 Km dirasakan di Mojokerto III – IV MMI, Pasuruan, Surabaya, Lamongan, Gresik III MMI, Sidoarjo II-III MMI,” tulis BMKG dalam keterangan resminya.

BMKG melaporkan gempa dirasakan di Mojokerto III – IV MMI, Pasuruan, Surabaya, Lamongan, Gresik III MMI, Sidoarjo II-III skala MMI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *