Geliat Literasi SD Al Hikmah Surabaya

SURABAYA – Literasi menjadi bagian penting di sekolah. Lantaran itu, tim perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya dan panitia menggelar Workshop Penulisan Naskah Anak bersama salah satu penerbit, yaitu DAR! Mizan, Jumat (15/6/2023).

Pesertanya terbatas agar hasilnya optimal, hanya untuk beberapa murid kelas III-V. Mereka dibimbing oleh tim penerbit mulai dari menentukan ide, macam-macam karakter tokoh, hingga membuat premis. Hasilnya diseleksi dan kemudian hari ada pembimbingan bagi yang premisnya terpilih atau layak dikembangkan menjadi buku dan diterbitkan. Antusiasme peserta luar biasa. Ini salah satu upaya mengembangkan literasi di sekolah yang punya tagline Berbudi dan Berprestasi tersebut.

Secara umun, literasi murid-murid SD Al Hikmah Surabaya sudah terawat dengan adanya support perpustakaan yang sangat memadai. Perpustakaan sebagai pusat literasi SD Al Hikmah Surabaya, memberikan ruang yang cukup besar untuk pengembangkan literasi bagi murid-murid. Setiap pagi, tempat sumber ilmu tersebut menjadi jujugan para murid. Belum waktunya dibuka, mereka menunggu pustakawan di depan pintu perpustakaan sambil membawa buku yang akan dikembalikan. Ada juga yang membacanya.

Membaca sebagai aktivitas wajib di sekolah. Tiap bulan, pustakawannya menyediakan buku-buku baru. Hari-hari efektif, setiap murid bisa meminjam 2 buku. Khusus hari Jumat, mereka boleh meminjam 4 untuk dibaca selama libur sekolah. Bagi peminjam buku terbanyak, diberi apresiasi.

Selain membaca rutin dari buku bacaan perpustakaan yang dipinjam, ada kegiatan menulis yang terangkai, yaitu meresume buku secara rutin. Disediakan buku khusus “My Book My Inspiration” juga. Ini sebagai salah satu cara membentuk pola dalam berliterasi. Pada akhirnya, murid-murid diharapkan merasa butuh “ilmu”, punya habit membaca dan menulis, hingga menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *