Anda Ingin Membeli Properti, Lihat 6 Tahap Berikut Ini

Anda Ingin Membeli Properti, Lihat 6 Tahap Berikut Ini
Ilustrasi (pixabay.com)

JAKARTA  – Anda ingin membeli properti, lihat 6 tahap berikut ini. Karena Memiliki rumah adalah mimpi bagi semua orang. Tetapi tidak sedikit yang masih bingung ketika dihadapkan dengan proses mencari properti dan apa yang harus dipersiapkan. Bahkan, ketika akan membeli properti, penting untuk mengetahui tahapan pembelian. Sebagai bentuk literasi kepada publik, Pinhome melalui pakar properti dan pembiayaan Vina Yenastri berbagi setidaknya enam tahap dalam proses pencarian properti. Berikut tahap-tahapnya seperti yang dikirimkan ke redaksi kabarjatim.

Tahab Define

Pada tahap define, calon pembeli properti harus menentukan jenis properti yang akan dibeli dan mengetahui anggaran pembelian properti yang sesuai. “Tahap ini, kita telah mulai menentukan kriteria properti yang diinginkan atau dibutuhkan,  apa dan jenis apa. Kemudian menentukan anggaran.  ini menjadi poin dasar utama ketika  mencari properti. Berapa anggaran untuk menemukan properti?” Apa adalah kemampuan kita untuk membeli properti, lalu kita hitung dan masuk ke tahap penemuan,” kata Vina dalam diskusi lengkap tentang properti oleh Property Academy Pinhome.

Tahap Penemuan

Kedua, pada tahap penemuan, calon pembeli telah mulai menemukan properti yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan juga membuat skala prioritas properti berdasarkan preferensi. “Pada tahap ini, kita telah mulai mencari properti sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dan sesuai dengan anggaran dan sudah mulai mengurutkan skala prioritas berdasarkan preferensi itu lebih sulit, ada berbagai jenis. Setiap individu berbeda . Jadi skala prioritas harus ditentukan,” jelas Vina.

Tahap Konsidenrasi

Kemudian pada tahap konsidenrasi, calon pembeli harus melakukan survei tentang properti pilihan dan mempertimbangkan setiap aspek properti pilihannya. “Tahap berikutnya, kita sudah mulai melakukan survei. Kita sudah mulai pilih-pilih sekitar lima properti yang sesuai sama kriteria kita. Selain itu, kita sudah mulai mempertimbangkan juga tiap aspek dari beberapa properti yang kita pilih dari kelima properti ini, mana aja yang paling mendekati dengan kebutuhan kita, mana aja yang paling sesuai dengan yang kita perlukan,” tutur Vina..

Tahab Negoisiasi

Tahap selanjutnya adalah negosiasi. Di sini, calon pembeli harus mencari tahu atau menentukan harga yang wajar untuk suatu properti. Calon pembeli juga disarankan untuk menemukan properti di lokasi yang sama untuk mendapatkan harga perbandingan.

“Pada tahap ini kita sudah mulai memastikan harga kepada penjual. Bagaimana melakukannya? Kita harus tahu berapa harga yang wajar untuk properti ini. Karena kita tidak tahu harga (properti yang akan dibeli) mahal atau harganya memang sesuai dengan harga pasar, “jelas Vina. “Lalu selanjutnya adalah kita dapat menemukan properti lain di lokasi yang sama untuk menemukan harga perbandingan dan negosiasi harga,” tambahnya.

Tahap Transaksi

Tahap keenam adalah transaksi, di mana calon pembeli harus mengetahui dan menentukan jenis metode pembayaran properti.

“Setelah tahap negosiasi dan kami telah menerima perjanjian harga dengan penjual properti, kami memasuki tahap transaksi. Sekarang pada tahap ini, kami harus terlebih dahulu mengetahui jenis atau metode pembiayaan ada sesuatu, apakah kami menginginkan KPR atau tunai bertahap secara bertahap , lalu disesuaikan dengan kemampuan kami, “jelas Vina. Tahap terakhir dari proses pencarian properti adalah pasca-transaksi. Pada tahap ini, pembeli telah melakukan pembayaran dan membayar angsuran.

“Pada tahap ini, kami sudah memiliki properti dan siap untuk tempat tinggal, dan telah membuat angsuran. Pada tahap ini penting untuk memastikan bagaimana angsuran kami tidak pernah terlambat, dan yang lainnya,” simpul Vina.

Demikian Tips Membeli Rumah atau sekedar untuk Investasi Properti yang layak anda coba. Semoga Sukses..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *