Ganjar Pranowo: Infrastruktur Jokowi Wujudkan Kemajuan Daerah

SURABAYA – Pembangunan infrastruktur yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai dapat membawa kebermanfaatan terhadap kehidupan masyarakat. Realisasi pembangunan Jokowi mampu menciptakan kemajuan bagi bangsa di masa depan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutan pada Seminar Kebangsaan “Membangun Wawasan Kebangsaan di Era Disrupsi Informasi: Strategi Pemerintahan Jokowi Menjaga Keamanan Nasional” di Universitas Kristen Satya Wacana.

Ganjar mengatakan berbagai pembangunan infrastruktur pada era Pemerintahan Jokowi merupakan sebuah langkah nyata. Terutama, lanjut dia, dalam upaya untuk menyiapkan bangsa menggapai cita menuju Indonesia maju pada 2045.

“Untuk menuju ke sana kira-kira ada gak yang membebani? Saya lihat ada pada kebijakan Pak Jokowi yang disiapkan betul untuk Indonesia Maju, maka beliau bangun infrastruktur di mana-mana,” ujar Ganjar disiarkan langsung kanal YouTube UKSW Salatiga, Senin (18/7/2022).

Dia menambahkan komitmen Jokowi untuk membawa kemajuan dalam negeri perlahan terus dikuatkan. Salah satu contohnya, dia melanjutkan, yakni dengan menggenjot pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Tanah Air.

Lebih jauh dia menyebut infrastruktur yang berhasil direalisasikan Jokowi tak lantas dapat langsung dirasakan manfaat seutuhnya oleh masyarakat. Akan tetapi untuk waktu kehidupan masyarakat yang nantinya akan datang.

“Mungkin 3 atau 2 tahun belum terasa tapi dugaan saya 10-20 tahun, bahkan manfaatnya terasa betul kelak kemudian hari kita tidak akan merasa kemahalan lagi,” kata Ganjar.

Menurut dia pendekatan persuasif yang dilakukan Jokowi mestinya patut untuk dapat ditiru oleh para kepala daerah. Sehingga terjalin komunikasi baik dan menghindari terjadinya konflik serta tentunya dapat menguntungkan masyarakat.

“Pemerintah Pak Jokowi orang yang mendorong bagaimana kebijakan itu diberikan dengan bukan ganti rugi tapi ganti untung. Menjadi cerita bagaimana menghormati pengorbanan rakyat dan memberikan sesuatu yang luar biasa,” kata Ganjar.