Warga Rekam Video Buaya Muncul di Sungai Dekat UINSA Surabaya

heboh-muncul-di-sungai-uinsa

Kabarjatim.com, Berdasarkan unggahan dari akun Instagram @siagakota.surabaya, seorang warga berhasil merekam video yang memperlihatkan aliran air di sekitar pepohonan, dengan latar belakang Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Dalam rekaman tersebut, terlihat seekor buaya berukuran sedang berwarna putih muncul ke permukaan sungai.

Kepala Bidang Darlog BPBD, Buyung Hidayat, menjelaskan bahwa buaya sering terlihat di sungai di sekitar Gunung Anyar, mengingat wilayah tersebut merupakan habitat alaminya.

“Memang habitatnya di situ. Itu buaya muara yang dekat pantai (mangrove), berbeda dengan yang ada di sungai-sungai besar lainnya,” jelas Buyung saat dimintai keterangan pada Minggu (29/9/2024). Dia menambahkan bahwa masyarakat sekitar sudah mengetahui keberadaan buaya muara tersebut, tetapi tetap mengingatkan warga untuk lebih berhati-hati.

“Masyarakat perlu waspada dan tidak sembrono saat bermain air di sungai. Sebagai satwa, buaya memiliki mekanisme pertahanan diri jika habitatnya diusik. Jadi, perlu hati-hati,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi KSDA Wilayah III BBKSDA Jatim, Gatut Panggah Prasetyo, menyatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan tim untuk menelusuri kemunculan buaya tersebut. “Kami akan cek lokasi terlebih dahulu,” ungkap Gatut singkat.

Refrensi : https://axeslotmenang.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *