Raksasa Baterei Listrik Cina akan Masuk MDKA melalui Rights Issue

  • Bagikan
Raksasa Baterei Listrik Cina akan Masuk MDKA melalui Rights Issue
Raksasa Baterei Listrik Cina akan Masuk MDKA melalui Rights Issue

KABARJATIM-Hong Kong Brunp Catl Co Ltd yang merupakan perusahaan afiliasi Contemporary Amperex Technology Co LTD (CATL) bakal menjadi pemegang saham anyar di PT Merdeka Copper Gold (MDKA). Brunp Catl akan masuk dan memiliki 5% saham MDKA melalui aksi rights issue yang rencananya akan digelar awal tahun depan.

Dikutip dari situs hotstock.id, MDKA akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.206.000.000 saham melalui rights issue di harga Rp 2.830 per saham. Sehingga, perseron berpotensi meraup dana segar mencapai Rp 3,41 triliun dari hajatan teresbut.

Berdasarkan informasi, CATL merupakan produsen baterai lithium yang digunakan pada kendaraan listrik asal China. CATL disebut-sebut akan menggelontorkan investasi hingga US$ 5 miliar atau sekitar Rp 71 triliun untuk mengembangkan industri baterai listrik di Indonesia.

Belum dapat dipastikan apakah investasi Brunp Catl ini ada hubungannya dengan rencana investasi jumbo CATL, perusahaan afiliasinya itu.

Yang jelas, menurut manajemen MDKA,pihaknya dengan Brunp Catl akan menjalin kemitraan strategis yang fokus pada rantai pasok logam komponen baterai di Indonesia.

Selain itu, keduanya juga mempertimbangkan untuk membentuk platform investasi sumber daya mineral untuk rantai nilai (value chain) logam komponen baterai, seperti nikel, kobalt, litium, tembaga, mangan, dan aluminium.

Dijelaskan lebih lanjut, plataform ini nantinya juga akan mengembangkan kawasan industri logam baterai serta mendukung sumber energi hijau.

Para pihak secara proaktif berupaya terlibat dalam proyek bersama dalam rantai logam baterai yang lebih luas di Indonesia, dengan tujuan untuk mengembangkan industri kendaraan listrik dan baterai.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *