Parade Tongtog Serek Meriahkan Pragaan Fair 2024, Bupati Sumenep: Upaya Pelestarian Seni Budaya

SUMENEP: Seni musik tradisional, Tongtong Serek mulai digemari oleh masyarakat Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Seni musik tongtong perpaduan dengan gendang itu mulai bermunculan di kabupaten ujung timur Pulau Madura.

Efek dari banyaknya minat masyarakat pada tongtong serek ini, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo merespon baik. Kata orang nomer satu di Sumenep ini, masyarakat harus merawat serta melestarikan musik tradisional, supaya anak cucu bisa menikmati seni budaya itu sepanjang waktu.

“Seni budaya seperti tongtong serek salah satu kesenian tradisional khas Kecamatan Pragaan terus lestari dan berkembang di tengah-tengah masyarakat,” kata Bupati di sela-sela Pembukaan Pragaan Fair 2024.

Pemerintah daerah mendukung parade tongtong serek sebagai langkah nyata melestarikan kesenian tradisional, sehingga keberadaan seni budaya itu tumbuh dan berkembang kepada generasi muda.

“Budaya tradisional perlu tampil di setiap kegiatan masyarakat untuk mengenalkan kepada generasi muda sebagai upaya membentengi dirinya dari pengaruh budaya luar yang kurang baik,” tegasnya.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kecamatan Pragaan selain mengadakan Parade Tongtong Serek yang diikuti 33 kelompok musik juga melangsungkan Pragaan Fair 2024, dengan menampilkan berbagai produk unggulan desa se-Kecamatan setempat.

“Pragaan fair merupakan media bagi pelaku UMKM dan PKL untuk mempromosikan dan memasarkan produknya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *