Kirab Maskot Pilkada 2024 Zona 3, KPU Sumenep: Ajang Sosialisasi Pesta Demokrasi 2024

SUMENEP: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melaksanakan kegiatan kirab Pilkada Sumenep dan Pilgub Jawa Timur 2024. Kegiatan untuk kesekian kalinya ini digelar di zona 3, yakni di Lapangan Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan.

Kegiatan tersebut dikemas gebyar musik uldaul dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 79 berikut Kirab Maskot Pilkada dan Pilgub Jatim, Si Busok dan Si Jalih.

Dalam pelaksanaan kirab tersebut dilakukan penyerahan Maskot Si Busok dan Si Jalih, diusung dalam acara Kirab Pilkada 2024. Sebelumnya juga dilakukan penyerahan bendera kirab dari KPU Jawa Timur ke KPU Sumenep, kemudian dari KPU Sumenep ke KPU Pamekasan untuk kirab selanjutnya.

Penandatanganan deklarasi pemilu yang damai dan meningkatkan partisipasi masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep, KPU Sumenep, Forkopimda Sumenep, Bawaslu Sumenep serta sejumlah kepala desa dan tokoh masyarakat.

Komisioner KPU Kabupaten Sumenep Mukhlis mengatakan, kirap maskot Pilkada ini merupakan salah satu cara untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada tahun 2024.

“Kami ingin masyarakat di kabupaten Sumenep tahu jika nanti pada Rabu, 27 November akan digelar Pilkada, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep,” kata Mukhlis.

Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM itu berharap masyarakat juga antusias hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Oleh karenanya kirab Pilkada menjadi vital dan strategis dalam meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak suara pada pemilihan tanggal 27 November 2024 dengan bebas merdeka independen dalam arti pilihan sendiri serta bertanggung jawab,” tegasnya.

Sementara acara kirap kali ini merupakan yang terlahir di Kabupaten Sumenep. Setelah itu maskot Pilkada Jatim akan diserahkan kepada KPU Kabupaten Pamekasan. “Besok Maskot Si Jalih akan kita serahkan ke Kabupaten Pamekasan untuk dikirab di wilayah Pamekasan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *