Lily Chodijah Wahid Adik Kandung Gus Dur Meninggal Dunia

Lily Wahid-Foto NU Online

JOMBANG– Lily Wahid, Adik kandung Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meniggal dunia. Saat ini jenazah disemayamkan di Cibubur. Rencananya jenazah akan dimakamkan di kompleks pemakaman Ponpes Tebuireng Jombang.

“Rencana besok pagi jam 7 akan berangkat dibawa ke Tebuireng,” kata Muhammad Iqbal, keponakkan Lily Wahid saat dihubungi Kabarjatim, Senin (9/5/2022).

Iqbal juga mengatakan, anggota DPR RI tahun 2009-2014 ini memang sedang sakit dan dalam beberapa hari menjalani perawatan di Rumah Sakit dr Cipto Mangin Kusumo (RSCM) Jakarta. “Ada sakit jantung dan sedang menjalani perawatan,” kata pria yang tinggal di Jalan Juanda, Kepanjeng, Jombang ini.

Pria yang akrab disapa Gus Iqbal ini juga mengungkapkan, jenazah akan dimakamkan di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Sebagaimana di tempat tersebut juga dimakamkan keluarganya, seperti Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid dan Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang KH Salahudin Wahid.

Baca Juga  Ziarah Ke Tebuireng, Ridwan Kamil : Kakek saya panglima Hizbullah

Di tempat tersebut juga dimakamkan sejumlah pahlawan nasional seperti ada makam Pendiri NU Hadaratusy Syaikh KH Hasyim ‘Asy’ary, dan tokoh kemerdekaan KH Wahid Hasyim.

Pemilik nama Lily Chodijah Wahid adalah adalah anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PKB mewakili Jawa Timur. Perempuan kelahiran 4 Maret 1948 ni ditempatkan di di Komisi I DPR RI yang menangani Kementerian Luar Negeri Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, Badan Intelijen Negara, Kementerian Pertahanan dan TNI.

Lily Chodidjah diberhentikan secara tidak adil karena terlalu kritis menentang kenaikan BBM dan mendukung Panitia Khusus Hak Angket Bank Century. Meskipun demikian, Lily Chodidjah sempat mendukung muktamar PKB di Ancol tahun 2008 yang menempatkan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB. Setelah dipecat dari PKB, Lily Wahid pindah ke Partai Hanura.

%d blogger menyukai ini: