Peduli Lingkungan, Tim PKM Universitas Prasetiya Mulya Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Wonosalam

JOMBANG: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Prasetiya Mulya Jakarta melaksanakan penyuluhan mengenai pemilahan sampah dan pengelolaan bank sampah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Tepatnya di Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam.

Pantauan dilokasi, di Balai Desa Galengdowo Tim disambut hangat oleh masyarakat setempat dan Kepala Desa Galendowo, Wartomo. Tim yang dipimpin oleh Mey Lista Tauryawati dan beranggotakan Faizah Sari, dan B. Realino Yudianto, langsung memberikan paparan tentang Pengelolaan Sampah.

Selain melakukan paparan, Tim tersebut juga memberikan game hiburan kepada puluhan masyarakat yang hadir.

“Kegiatan PKM adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya, sebagai bentuk implementasi kehadiran kampus kepada masyarakat,”Ujar Ketua Tim PKM Universitas Prasetiya Mulya, Mey Lista Tauryawati. Jumat, 26 Juli 2024.

Mey menambahkan, masalah sampah merupakan persoalan yang kompleks dan harus dipecahkan bersama sehingga bisa menjadi sebuah gagasan cemerlang.

“Kesadaran masyarakat juga penting, dan pemahaman masyarakat akan sampah juga sangat diperlukan, sebagai salah satu dasar output kegiatan kali ini,”Tandasnya.

Terpisah, Kepala Desa Galengdowo, Wartomo, mengatakan bahwa kegiatan ini selaras dengan program Pengelolaan Sampah di Desa Galengdowo. Hal ini sesuai Peraturan daerah Kabupaten Jombang No 3 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah.

“Desa Galengdowo telah memprakarsai beberapa program yang mendukung kesejahteraan dan peningkatan perekonomian Masyarakat, seperti Penanganan Air Bersih dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pengelolaan Susu Sapi. Akan tetapi Solusi masih diperlukan bagi penanganan masalah sampah,”Ujarnya.

Pihaknya menuturkan kegiatan PKM dari Universitas Prasetiya Mulya ini dipandang sebagai langkah awal yang membantu meningkatkan kesadaran Masyarakat dan menawarkan solusi penanganan sampah.

“Kami cukup berterima kasih atas kerjasama ini masyarakat juga menyambut baik kegiatan ini, mulai dari sesi pemilahan sampah rumah tangga dan pengantar pengelolaan bank sampah sampai selesai acara,”Pungkasnya.

Untuk diketahui, Tim PKM Universitas Prasetiya Mulya menyumbang Denah Rute Waste Collection yang dapat diterapkan oleh warga. Denah ini meliputi 26 Titik pengumpulan sampah di Desa Galengdowo dalam radius 2 km dan berakhir di Tempat Pembuangan Sampah Desa Galengdowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *