Disdik Sumenep Meriahkan HUT RI Ke 77 dengan Lomba Paduan Suara

SUMENEP: Dalam rangka memperingati HUT RI Ke 77 tahun 2022, Dinas Pendidikan Sumenep, Jawa Timur, akan menggelar lomba paduan suara memperebutkan Piala Bupati Sumenep. Lomba ini untuk jenjang SD dan SMP, baik negeri maupun swasta yang ada di bawah naungan Disdik Sumenep.

Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan setiap sekolah akan diwajibkan untuk mengikuti lomba tersebut. Hal itu dilalukan untuk memupuk jiwa nasionalisme pada siswa dan siswi di Sumenep.

“Setiap sekolah wajib mengikuti lomba dengan mengirimkan satu tim paduan suara, setiap tim paling banyak 15 orang. Komposisinya campur, siswa dan siswi,” jelasnya.

Seperti biasa kata dia, untuk siswa SD lomba ini akan digelar secara berjenjang, mulai dari babak penyisihan di tingkat kecamatan. Sementara itu, babak final akan digelar di tingkat kabupaten.

Adapun pelaksanaannya, ditingkat kecamatan akan digelar mulai tanggal 15-20 Agustus 2022. Sedangkan untuk tingkat kecamatan, lagu wajib yang harus dinyanyikan adalah lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Juara 1, 2 dan 3 akan mewakili kecamatan untuk mengikuti semi final di tingkat kabupaten. Peserta wajib mengirimkan video lagu, satu lagu wajib dan satu lagu nasional yang di unggah ke Google Drive dan Youtube,” jelasnya.

Baca Juga  Cek Namamu Dicomot jadi Anggota Partai? Laporkan ke KPU

Bagi 10 peserta terbaik, nantinya akan mengikuti babak final yang akan digelar di Gedung Ki Hajar Dewantara pada tanggal 5 September 2022.

“Dibabak final ini peserta harus menyanyikan lagu yang di unggah ke media sosial secara langsung (didepan juri). Juara 1 sampai 6 akan mendapatkan piala Bupati Sumenep,” terangnya.

Adapun untuk jenjang SMP tanpa melalui babak penyisihan di tingkat kecamatan. Untuk jenjang SMP, mereka harus mengunggah video dengan lagu wajib ke Google Drive dan Youtue masing-masing sekolah.

“Lagumu yang sudah di upload tersebut harus disematkan ke Google dengan form yang sudah disediakan. Batas waktu pengiriman yakni tanggal 24 Agustus 2022 pukul 16.00 Wib,” tegasnya.

Setelah penutupan, tim juri akan melakukan penilaian. Untuk 10 video terbaik, akan dinyanyikan lagsung pada babak final yang akan digelar tanggal 6 September 2022 di Gedung Ki Hajar Dewantara Sumenep. Nantinya, akan ditentukan juara 1 hingga 6 yang akan mendapat Piala Bupati Sumenep.