5 Kuliner Dekat Sini di Sumenep yang Layak Dicoba

5 Kuliner Dekat Sini di Sumenep yang Layak Dicoba
kaldu KOKOT khas sumenep

5 Kuliner dekat di Sumenep yang layak dicoba. Bagi masyarakat yang datang ke Sumenep belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas Sumenep. Terlebih lagi sejumlah kuliner ini memiliki rasa yang khas yang tidak ditemukan di tempat lain.

Kabupaten yang berada di ujung pulau madura ini setidaknya punya aneks kuliner yang bisa coba. Meskipun, faktanya Sumenep memiliki segudang potensi wisata yang perlu digali. Bagi anda yang datang ke sumenep langsung saja ketik di laman pencarian anda dengan kata “Kuliner Dekat Sini“. Maka, akan muncul sejumlah referensi kuliner di Kabupaten Sumenep.

Kaldu Kokot

5 Kuliner Dekat Sini di Sumenep yang Layak Dicoba
Kaldu Kokot

Kaldu kokot adalah jenis kuliner paling diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke Sumenep. Bahkan, Kaldu Kokot ini bisa dijadikan santapan wajib bagi para wisatawan yang datang ke Sumenep. Uniknya untuk menikmati ini, disediakan sedotan untuk menikmati sumsum yang ada dalam tulang kaki sapi ini.

Kuliner jenis ini memang tidak bisa ditemukan di tempat lain kecuali di Sumenep, Pulau Madura. Kokot sendiri dalam bahasa madura adalah bagian telapak kaki sapi atau kambing. Namun untuk Kuliner ini yang disajikan adalah kaki sapi. Bagian kokot penuh dengan urat, tulang lunak dan sedikit daging empuk. Keunikannya terletak pada bahan dasarnya, yakni kacang hijau yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas.

Rujak Selingkuh

5 Kuliner Dekat Sini di Sumenep yang Layak Dicoba
rujak selingkuh

Rujak selingkuh dari namanya saja sudah ini. Kuliner ini diberi nama rujak selingkuh karena memang terjadi perselingkuhan rasa. Rujak ini merupakan perpaduan bumbu kacang yang biasa digunakan untuk rujak serta kuah soto. Perpaduan dua rasa yang sangat berbeda ini meghasilkan cita rasa soto babat yang sangat unik.

Baca Juga  Jadikan RI Sebagai Pusat Produsen Halal Dunia

Isi dari Rujak Selingkuh ini tidak jauh beda dengan rujak pada umumnya. Ada lontong, sayur, mihun, kecambah hingga petis serta beberapa suiran daging ayam. Namun yang menjadi unik adalah perselingkuhan rasa antara rujak dan Soto.

Lontong Campor

Lontong Campor merupakan salah satu rekomendasi 5 kuliner di Sumenep. Makanan berkuah ini berisi lontong, daging sapi, irisan timun, soun, bawang goreng, irisan bawan daun, bumbu kacang dan cabai. Tak ketinggalan bahan-bahan itu disajikan jadi satu dengan kuah santan merah dan sambal kacang.

Kuliner lontong campor ini sangat cocok untuk sarapan pagi karena disajikan hangat. Aroma lontong campor ini semakin menggoda kare terdapat campuran bumbu rempah ditambah dengan kayu manis. Sehingga, kuliner ini semakin menggugah selera.

Pentol Gape

Pentol Gape ini berbeda dengan makanan pentol pada umumnya. Jika di luar Sumenep, pentol berbentuk bulat namun pentol Gape ini berbentuk pipih menyerupai piring. Pentol Gape ini terbuat dari tepung, ikan tongkol dan bumbu rempah. Bahan-bahan itu dimasak menjadi satu.

Pentol gape ini bisa disajikan basah atau kering. Caranya, dipanggang atau digoreng. Untuk menambah rasa juga dinikmati dengan saus yang terbuat dari tepung kanji dan rempah dan tak lupa tambahan petis.

Masak Pae

Masak Pae

Masak Pae adalah olahan sup merah dengan ‘pie’ di dalamnya. Pae sebagai isian itu terbuat dari campuran kentang dan telur. Sebagai pelengkap, makanan ini disajikan dengan kuah merah yang berisi berisi campuran kacang polong dan daging, hingga makanan ini menjadi gurih.

%d blogger menyukai ini: