Viral Video Ade Armando, Ustadz Yusuf Mansur: Akal Saya Gak Nyampe

Ustadz Yusuf Mansur

SURABAYA – Perseteruan Ade Armando dan Ustadz Yusuf Mansur mencuat di dunia maya. Hal itu dipicu video Ade Armando berjudul “YUSUF MANSUR BUKTI BERAGAMA HARUS PAKAI AKAL SEHAT” yang disiarkan dalam akun YouTube Cokro TV pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Dalam rekaman video tersebut, Ade Armando di antaranya berbicara tentang masa lalu Ustadz Yusuf Mansur yang pernah dipenjara dan berjualan es. Selain itu, juga membahas tentang kasus ustadz Yusuf Mansur seperti pembangunan Hotel Siti Tangerang dan kondotel di Yogyakarta.

Dosen Universitas Indonesia ini menilai Ustadz Yusuf Mansur telah mendorong para jamaah menyumbangkan sebagian dari hartanya. “Dari berbagai video yang kembali beredar, terlihat bagaimana Yusuf minta kepada jamaah untuk menyumbangkan perhiasan yang mereka miliki kepada Yusuf,” kata Ade Armando dalam cuplikan video.

Dalam video berdurasi 10 menit itu, Ade Armando mengatakan berbagai persoalan yang melibatkan ustadz Yusuf Mansur terjadi lantaran kepercayaan masyarakat yang tinggi ke ulama.

“Umat menyangka begitu ini melibatkan ulama, kecurigaan dan kewaspadaan tidak perlu lagi ada. Karena itu umat islam harus beragama dengan akal sehat. Selalu gunakan akal sehat, kita akan selamat,” ujarnya.

Ustadz Yusuf Mansur melalui akun media sosialnya lantas merespons video Ade Armando. Dia menyesalkan kemunculan video tersebut. Apalagi sumber-sumber yang dipakai dianggap berasal dari pemberitaan di berbagai media.

“Ternyata kemungkinan besar berdasar dari media bukti ga pake akal sehat, kah? bahwa data beliau bicara di youtube, adalah media? miris. ga kelas banget-banget sebagai akademisi yang mengagungkan akal sehat,” tulis Ustaz Yusuf dikutip dalam Instagram-nya @yusufmansurnew, Minggu,(19/12/2021).

“Monggo saya nunggu itikad baik dan akal sehat pak haji. belum lagi memframing kasus perumahan fiktif ke saya yang bukan pada tempatnya. Saya udah konsul ke kanan kiri tinggal nunggu itikad baik pak haji aja dan agar dipake akal sehatnya bener-bener di kemudian hari, jangan hanya jargon saja,” tulisnya.

“Tapi tetap, menunggu 40 hari riyadhah yasiin selesai dulu. siapa tau, malah ga perlu dilayanin, beliau aja yang langsung bertanggung jawab Di kepolisian. Jangan takut, pak haji ade armando udah biasa kan? dilaporin? biasa aja.”

“Kita sama-sama biasa dilaporin, kalau enggak salah, enggak bakal bergidik. tapi ada yang engggak salah, cuma: BUKAN SAJA AKALNYA MATI. Tapi hatinya mati? mudah-mudahan enggak ya,” tulisnya.

Bak gayung bersambut, Ade Armando pun meminta Ustadz Yusuf Mansur menggelar wawancara terbuka di stasiun televisi miliknya, Cokro TV, sebagai bentuk iktikad baik.

“Iya kalau beliau bersedia ya. Semula saya menyarankan begini, kenapa enggak bikin konfrensi pers aja kepada media (yang ini saya sampaikan ke temannya) ke ustadz Yusuf Mansyur saya menyarankan bikin wawancara di Cokro TV.” ujarnya dikutip dari MPI.

“Cokro TV kan penontonnya lumayan lah. (Alasan saya) menawarkan Ustadz Yusuf Mansyur untuk melakukan wawancara karena saya orang Cokro TV, saya bisa mengatur disediakan satu slot waktu untuk wawancara tersebut.”

“Kalau ustadz Yusuf Mansyur merasa dirinya itu difitnah dengan cara begitu dia bisa menjawab fitnah-fitnah tersebut,” tuturnya.

Ustadz Yusuf Mansur pun merasa iktikad baik Ade Armando belum pas. Dia kembali mengunggah tulisan di akun media sosialnya, @yusufmansurnew.

“Udah jelas, ga pake akal… misal, penipuan fiktif di surabaya, itu justru saya korban. korban yg tidak melaporkan balik. tidak ikut melaporkan. nama dipake sepol2nya, untuk nipu. gmn mungkin sekelas akademisi nasional seperti beliau, yang senantiasa menganjurkan mengedepankan menggunakan akal sehat? lalu bernarasi, itu yusuf mansur yg melakukan penipuan? dan lantas melakukan generalisasi? kalo ini namanya akal sehat, ya saya mikir jadinya.”

“Maafin saya ya pak haji ade armando. semoga ini menjadi edukasi yang baik. bahwa yang make akal sehat, bisa jadi malah cuma jargon. saya mah malah sampe skrg minta bukti. satuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu aja… saya ngambil sedekah ummat, buat saya… satu aja. dari bbrp bulan yg lalu, saya berkali2 naikin di IG. ya ga ada yg nyaut.”

“Perkara persoalan saya, itu juga ya ayo. jangan hanya pake berbagai info media… mata suka salah melihat, telinga suka salah mendengar, akal suka salah berpikir. apalagi kalo udah ada setitik kebencian, kekacauan berpikir… dan kesalaha data… ya bisa salah akal menilai. makanya jangan juga ngagungin akal. ngagungin Allah aja.”

“Saya bersyukur, pak haji ade armando keliatan ga pake akal sehatnya. jadi, skrg saya tau betul, bahwa ini cuma jargon. narasi yang pak haji ade armando bangun, sungguh narasi tuduhan. ditunggu silaturahimnya ke saya. melihat dari deket… jangan saya ke cokrotv yaaa… akal saya gak nyampe… hehehe.”