Jelang Idul Adha, Pemudik Mulai Padati Jembatan Suramadu dan Terminal Purabaya

SURABAYA – Jelang Idul Adha, sejumlah pemudik mulai terlihat memadati jembatan Suramadu dari arah Surabaya menuju Pulau Madura, Jumat (8/7/2022). Mayoritas para pemudik menggunakan kendaraan roda dua.

Seperti diketahui warga Madura memiliki tradisi toron, yaitu pulang kampung saat momen Idul Adha. Pemerintah sendiri telah menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu 9 Juli 2022. Diperkirakan arus mudik menuju Pulau Madura akan berlangsung hingga Sabtu malam.

Kemeriahan para pemudik tak hanya terlihat di jembatan Suramadu tapi juga di terminal bus Purabaya. Jumlah penumpang ke berbagai kota di Jawa Timur melonjak hingga sejumlah pemudik harus rela antre menunggu armada.

Hampir seluruh armada bus reguler yang tersedia telah habis karena berangkat lebih awal, sementara pemudik semakin malam terus meningkat jumlahnya. Opsi menerjunkan bus cadangan juga belum membuahkan solusi karena tidak sebanding dengan banyaknya jumlah pemudik. Alhasil, para penumpang berebut naik bus yang tersedia. Andi salah seorang pemudik menuturkan belum dapat bus yang akan mengantarnya menuju Bojonegoro. “Mau mudik ke Bojonegoro, gak dapat bus,” katanya.