Ini Adalah Rangkaian Kegiatan Tim MEBS 2022

Kabarjatim.com– Sejumlah kegiatan bakal dilakukan oleh tim Misi Ekspedisi Bengawan Solo (MEBS) 2022. Rangkaian kegiatan MEBS 2022 ini akan dimulaipada bukan Juni 2022 mendatang. Penanggung Jawab MEBS 2022 Ermiko Effendi mengatakan, pada bulan Juni nanti tim akan mengumpulkan sejumlah data yang dibutuhkan untuk memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah.

“Ekspedisi bengawan menggunakan Stand Up Paddle ini hanya cara saja. Cara untuk melakukan serangkaian pemetaan dan rekam data termasuk diantaranya memetakan potensi bencana hidrologi, perekaman geotagging di zona rawan erosi dan penyempitan alur bengawan,” katanya kepada Kabarjatim.

Tak hanya itu, Tim MEBS 2022 juga mendata sejumlah potensi wisata pedesaan yang dapat dipadukan dengan potensi perairan, budaya dan upaya pelestarian bengawan solo. Pria kelahiran Trenggalek ini juga menjelaskan, jika dalam rangkaian ekspedisi timnya dijadwalkan akan melakukan kegiatan pengamanan daerah bantaran yang memiliki kerentanan terhadap erosi dengan penanaman bambu dan tanaman lainnya. Selain itu pada setiap kabupaten/kota yang disinggahi, tim ekspedisi akan memaparkan hasil penjelajahan,

Baca Juga  Napak Tilas Jejak Peradaban di Tanah Jawa

“Selain memberikan rekomendasi tim kami juga akan melakukan transfer knowledge kepada pengelola desa wisata tentang pentingnya meluaskan jangkauan untuk mempermudah pasar dalam mengakses layanan desa wisata, melalui agenda sosialisasi program wisata pedesaan GoDigital dengan mengadopsi teknologi smart tourism” pungkasnya.

Misi Ekspedisi Bengawan Solo (MEBS) 2022 adalah misi bersama berbagai kalangan, mulai dari akademisi, kalangan usaha, komunitas, pemerintah dan media massa. Tim ekspedisi akan mengarungi sungai bengawan solo sepanjang 462 kilometer melintasi 12 Kabupaten di 2 Provinsi yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Secara resmi upacara pembukaan dan pelepasan Tim Ekspedisi digelar di Kota Solo  dan ditutup di Kabupaten Gresik Jawa Timur. Penjelajahan dilakukan oleh tim berisikan 4 orang menggunakan wahana jelajah Stand Up Paddle Board. Tim menarget Ekspedisi rampung bertepatan dengan Peringatan Kemerdekan Republik indonesia ke-77 pada bulan Agustus 2022.

%d blogger menyukai ini: