Zona Merah, Puksesmas Banyuanyar Hentikan Layanan Posyandu

oleh -

SAMPANG: Puskesmas Banyuanyar Kecamatan Kota Sampang menghentikan sementara kegiatan berbasis Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), hal Tersebut dikarenakan penyebaran covid- 19 yang terus meningkat di akhir tahun 2020.

Pemberhentian pelayanan tersebut berlaku mulai dari tanggal 04 januari 2021 kemarin sampai batas waktu yang masih belum bisa dipastikan. Kegiatan berbasis UKBM yang dihentikan yakni posyandu balita, posyandu lansia, posyandu remaja, posbindu dan pos ibu hamil.

Kepala UPTD Puskesmas Banyuanyar, Dr. Indar Nur Susanti mengatakan, untuk bulan januari awal tahun 2021 Kecamatan Kota Sampang kembali masuk sebagai zona merah sehingga untuk sementara kegiatan di puskesmas banyuanyar diberhentikan.

“Untuk bulan januari 2021 mimang masih dipending dulu karena angka kasus covid 19 terus meningkat drastis sehingga Kecamatan Sampang masuk zona merah, dan ini atas masukan dari dinas kesehatan ( Dinkes) sampang sampai kasus covid mulai menurun,”Ujarnya. Kamis, 7 Januari 2021.

Ia menambahkan, data kasus covid 19 pada bulan januari 2021 di wilayah kerja Puskesmas Banyuanyat mengalami kenaikan yang sangat signifikan hingga berjumlah 196 orang yang terkonfirmasi positif covid -19. “Angka tersebut naik dua kali lipat dari sebelumnya yang berjumlah 90 orang pada bulan desember 2020,”Imbuhya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Agus Mulyadi ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsaapnya mengatakan penghentian itu bukan pelayanan puskesmas melainkan posyandu dan itu sudah pedoman dari kemenkes pusat yang dilanjutkan oleh Dinkes sampang.

“Posyandu jadwalnya yang digeser dan bidan tetap mantau dan berkunjung ke sasaran,” pungkasnya. NOE