Wujudkan Good Goverment, Kepala OPD Bondowoso Teken Pakta Integritas

oleh -

BONDOWOSO – Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso menandatangani perjanjian kinerja dan Pakta Integritas dengan Bupati KH. Salwa Arifin di Pendopo Bupati, Rabu (30/1/2019).

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Dalam laporannya PJ Sekda Agung Trihandono menerangkan, tujuan penandatangan tersebut yakni untuk meningkatkan komitmen pimpinan OPD dalam memperjanjikan kinerjanya. Termasuk kesanggupan bersungguh-sungguh melaksanakannya di tahun 2019.

“Tujuannya untuk meningkatkan penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Sakip) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.

Hal tersebut juga disampaikan Bupati Salwa bahwa kegiatan penandatangan ini memiliki arti penting dan strategis bagi kinerja instansi pemerintah. Termasuk menjadi langkah awal untuk mewujudkan Good Goverment, yakni tata pemerintahan yang baik.

“Penandatangan ini harus mendapatkan perhatian semua pihak. Sebab berdasarkan Perpres no 29 tahun 2014, menuntut pertanggung jawaban keuangan negara yang harus didasarkan pada kinerja. Oleh karena itu perbaikan penerapan Sakip di Bondowoso menjadi prioritas utama yang harus dilakukan bersama,” ujarnya.

Bupati juga menambahkan, kunci keberhasilan dari penerapan sakip terletak pada komitmen pimpinan, sinergitas, dan team work dari semua perangkat daerah. Serta pemanfaatan teknologi informasi, melalui penerapan e-government untuk meningkatkan transparansi.

Editor : Ahmad Saefullah