Waspada! Jalan Bergelombang dan Lubang di Jalur Mudik Jombang

oleh -

JOMBANG – Jelang arus mudik Lebaran, jalur nasional rute 15 yang menghubungkan Yogyakarta-Surabaya, di Kabupaten Jombang, masih berantakan.

Kondisi jalan berlubang dan bergelombang terpantau terjadi di jalur yang berada di Kecamatan Mojoagung, Perak dan Bandar Kedungmulyo. Tak tanggung-tanggung, lubang jalanan berdiameter 15 sentimeter hingga 50 sentimeter bertebaran baik dari arah Surabaya menuju Yogyakarta maupun sebaliknya. “Kondisi jalan rusak tentunya sangat membahayakan, terutama bagi pengendara atau pemudik yang tidak hafal kodisi jalan,” ujar Riadhotun Nikmah, salah seorang pengguna jalan.

Lontaran serupa disampaikan pengguna jalan lainnya, Misbahul Munir. Munir mengaku kerap bolak balik Surabaya-Kertosono melalui jalur itu. Dia khawatir kerusakan makin parah jika perbaikan tak segera dilakukan. “Jika dilewati truk muatan besar otomatis kerusakan jalan itu akan semakin parah. Mohon segera diperbaiki,” imbuhnya.

Jalur Nasional Rute 15 merupakan jalan nasional yang menghubungkan Yogyakarta dengan Surabaya melalui Solo. Jalan ini dimulai di wilayah Maguwo di bagian timur Yogyakarta dan melintasi wilayah Solo Raya, melalui bagian tengah Jawa Timur, sebelum berakhir di Surabaya selatan, tepatnya di Waru.

Sebagian besar jalan ini memiliki 2 lajur setiap jalurnya baik menuju Yogjakarta maupun sebaliknya, kecuali pada segmen jalan di jalur Solo-Yogya, Karanganyar, wilayah perbatasan Jateng-Jatim, Caruban, kota Nganjuk, wilayah timur Jombang, wilayah barat Mojokerto dan jalur By pass Krian-Waru-Surabaya.

Editor: Ahmad Saefullah