Waspada Corona, Khofifah Minta Seluruh Pemilik Fasilitas Publik Siapkan Ini

oleh -

SURABAYA – Seluruh fasilitas publik di Jawa Timur wajib menyediakan hand sanitizer (tempat cuci tangan), masker, dan thermal gun, untuk meningkatkan kewaspadaan dari virus korona atau Covid-19. Kebijakan ini hasil kesepakatan rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim di Gedung Grahadi Surabaya, Sabtu (14/3/2020).

“Jadi bagi pemilik fasilitas publik seperti mall, pasar modern/tradisional, serta daerah tujuan wisata, harus menyiapkan berbagai fasilitas untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, untuk mencegah Covid-19,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Fasilitas yang harus disiapkan pemilik fasilitas publik, kata Khofifah, hand sanitizer tempat cuci tangan, masker, dan thermal gun. Masker diberikan bagi pengunjung yang terlihat batuk atau demam.

“Sementara di tempat-tempat publik seperti stasiun, bandara, dan pelabuhan, telah disediakan fasilitas-fasilitas tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Pemprov Jatim hingga tingkat desa mendirikan posko contingency, guna memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. Keberadaan posko itu untuk mempercepat informasi, sehingga penangannnya juga cepat.

“Untuk di tingkat Jatim, posko contongency dikomandani oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim,” ujarnya.

VIN