Warga Tondomulo Hadiri Sosialisasi Pembentukan Perpustakaan Desa

oleh -

BOJONEGORO – Guna menumbuhkan minat baca masyarakat di lokasi pelaksanaan TMMD 105, Kodim 0813 Bojonegoro bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bojonegoro menggelar sosialisasi pembentukan perpustakaan desa.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro tersebut diikuti oleh pemuda karang taruna, ibu-ibu PKK, Guru PAUD dan Perangkat Desa setempat.

Kasi Layanan Sarana Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bojonegoro, Drs. Sukarni, MM, M.Si, mengatakan keberadaan perpustakaan desa tidak dapat dipandang remeh, karena perpustakaan didirikan untuk menarik dan menumbuh kembangkan minat dan semangat membaca masyarakat.

“Terutama bagi mereka yang berusia pelajar, yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” terangnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa hadirnya perpustakaan desa tentu dapat memotivasi masyarakat untuk terus belajar dan berkreasi, melalui asupan buku-buku serta informasi yang disediakan sesuai bidang yang dipilih.

“Selain itu perpustakaan desa juga memiliki fungsi khusus, yaitu sebagai lembaga layanan bahan pustaka dan informasi bagi masyarakat dalam hal informasi, edukasi, kebudayaan, pelestarian, dan wisata,” jelas Sukarni.

Selain sebagai wahana dalam hal edukasi, perpustakaan desa juga dapat digunakan sebagai sentra usaha kegiatan masyarakat dalam skala kecil (rumah tangga) yang memproduksi berbagai hasil industri rumah tangga.

“Jika masyarakat mempergunakan perpustakaan secara optimal, maka tujuan penyelenggaraan perpustakaan desa dalam memperbaiki taraf kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” pungkasnya.

Disisi lain, masyarakat diharapkan bisa berperan aktif dan berpartisipasi dalam mensosialisasikan fungsi perpustakaan desa dilingkungan masing-masing, serta turut menjaga koleksi buku-buku agar tetap terawat dengan baik.