Warga Ngrimbi Akhirnya Bisa Nikmati Air Bersih

oleh -

Jombang: Sebanyak 900 jiwa warga Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang akhirnya bisa menikmati air bersih lantaran proyek pembangunan penampung air dan pipanisasi tengah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.


Hal itu diungkapkan oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab saat meninjau proyek pembangunan penampungan air yang dilakukan di daerah tersebut, Kamis 24/10/19.

Dengan didampingi oleh petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Permukiman Kabupaten Jombang, orang nomer satu di Jombang tersebut mengungkapkan bahwa ditempat tersebut memang terdapat sebuah sumber air yang biasanya dimanfaatkan oleh warga sekitar yang mengambil air dengan cara dipikul. 

“Dengan adanya program perpipaan ini kemudian kita buatkan penampungan. Nantinya, air bersih akan disalurkan ke rumah-rumah warga setempat,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2019 ini, Pemkab Jombang melalui dinas terkait juga tengah membangun proyek yang sama di 16 titik. Program seperti itu akan tetap dilanjutkan di lokasi – lokasi lain di Kabupaten Jombang. 

“Orang hidup itu butuh air, selain itu untuk kesehatan, untuk perkembangan anak-anak juga dibutuhkan air bersih. Oleh karena itu masalah air sangat penting,” tegasnya.

Sebelum melakukan peninjauan progres pengerjaan pembangunan penampungan air, Bupati juga melakukan peninjauan ke penerima bantuan bedah rumah yang lokasinya juga di Wilayah tersebut.

Bupati menegaskan, pada tahun 2019 ini ada sebanyak 3.111 penerima bantuan bedah rumah/ BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya). 

Program bedah rumah di Kabupaten Jombang ini terdapat bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jombang. 

“Kita akan lakukan program ini setiap tahun, Insya Alloh selama lima tahun menjadi 15 ribu (penerima manfaat),” pungkas Hj. Mundjidah Wahab.(Noe)