Warga Kedungbanteng antusias ikuti pelatihan pembuatan pakan lele

oleh -

SIDOARJO: Puluhan warga yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan Pemuda Karang Taruna desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo antusias mengikuti pelatihan pembuatan pakan ikan lele. Pelatihan pembuatan pakan lele menjadikan warga lebih mandiri dalam beternak.

Dalam Pelatihan ini, Minarak Berantas Inc mendatangkan pemateri dari asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) Jawa Timur. “Biar lebih mandiri. Sebab mereka tidak perlu lagi membeli pakan lele, karena bisa dibuat sendiri,” ujar Pelatih dari Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) Jawa Timur, Bintang Dwi, Selasa, 10 Desember 2019

Menurutnya, pelatihan ini memberikan wawasan sekaligus mengedukasi kepada peternak agar bisa membudidayakan ikan lele secara maksimal. Sebab para peternak akan dilatih membuat pakan sesuai kadar protein.

“Pakan yang sesuai kadar protein ini akan berpengaruh pada kesehatan serta ukuran besar kecil lele saat dipanen. Jadi warga yang budidaya lele, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan bisa berinovasi dan lebih maksimal hasilnya,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Bintang Dwi memaparkan potensi beternak lele di tanah air. Hal itu terlihat dari tingginya permintaan pasar untuk jenis ikan ini.

” semakin banyaknya penjual makanan kaki lima dengan menu ikan lele sambal penyet,” tambahnya.

pelatihan pembuatan pakan ikan lele oleh Minarak Berantas Inc

Bukan itu saja, ikan lele juga bisa dijadikan aneka makanan olahan yang digemari dan banyak dicari masyarakat. Di antaranya dijadikan ikan lele asap, nugget, bakso, abon, selai, burger, hingga salad ikan lele.

Ketua Karang Taruna Desa Kedungbanteng, Lukman, mengaku bersyukur lantaran mendapat pelatihan semacam ini. Pelatihan ini bisa mendorong semangat pemuda-pemudi di Desa Kedungbanteng untuk berwirausaha ternak lele.

“Apalagi tadi sudah dijelaskan, peluang ternak lele masih sangat prospek karena permintaan di pasaran sangat tinggi,”ujar Lukman.

Disamping itu, kedepannya diharapkan bisa menunjang perekonomian warga desa Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.(Noe)