Warga Binaan Lapas Jember Tetap Salurkan Hak Pilih

oleh -

JEMBER-Status sebagai narapidana, warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Jember tetap salurkan suara didalam Lapas. Karena di dalam undang-undang sendiri, warga binaan punya hak yang sama dalam berpolitik, salah satunya memilih dalam Pilgub. Rabu, 27 Juni 2018, warga binaan Lapas kelas II A Kabupaten Jember melakukan pemilihan di dalam Lapas.

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Jember, memfasilitasi para warga binaan dengan penyediaan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar para binaan tetap bisa menyalurkan suara dalam Pilgub Jatim 2018.

Kepala lapas kelas II A Jember , Rabu (27/06/2018), Sarju Wibowo menuturkan, “TPS (Tempat Pemungutas Suara) yang ada di Lapas jember , terdapat dua TPS. Yakni TPS 35 dan 36. Total narapidana yang ikut memilih di dua TPS tersebut 830, dari keselurahan 849 warga binaan,” tuturnya.

“Ke Sembilan belas warga binaan yang tidak ikut mencoblos hari ini, terdiri dari anak-anak dibawah umur, berdomisili diluar provinsi jawa timur. Dan terdapat satu warga binaan yang mengalami depresi,” Imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa, pelaksanaan pilgub di Lapas Jember berjalan lancar, aman dan kondisif. Tidak ada kendala yang berarti. Jalannya pemilihan pun mendapat pengamanan dari Polres Jember dan Kodim 0824 Jember