Warga Bangkal Sumenep Luruk Panitia Pilkades Soal Kelayakan Bacakades

oleh -

SUMENEP – Sejumlah warga Desa Bangkal, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mendatangi kantor sekretariat panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) setempat.

Kedatangan para warga tersebut menanyakan terkait kebenaran salah satu bakal calon kepala desa (Bacakades) Bangkal yang mengalami sakit stroke tapi diterima pendaftarannya oleh panitia.

“Padahal dia itu kan sakit stroke, kenapa kok lolos pak?, jelas kan di aturan harus sehat jasmani dan rohani, bukan begitu pak,” kata Iskandar salah satu warga yang mendatangi panitia Pilkades Bangkal.

Menurutnya, masyarakat secara umum Desa Bangkal mengetahui bahwa salah satu Bacakades ada yang mengalami sakit stroke yaitu atas nama Sahe.

“Dasarnya panitia apa kok bapak Sahe ini diterima,” ujar sejumlah warga di Sekret Panitia.

Ketua Panitia Pilkades Bangkal, Eko Junaidi mengaku tidak tau terkait salah satu calon yang sakit. Dia mengatakan selaku panitia hanya menerima pendaftar sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan, termasuk surat keterangan sehat dari dokter.

“Panitia itu berdasarkan surat keterangan dokter, karena di surat keterangan dokter itu tertera berbadan sehat, makanya kami terima,” terangnya.

Bahkan ketua panitia menganjurkan warga yang mendatangi sekretariat panitia Pilkades tersebut untuk langsung melakukan komplain kepada dokter yang memberikan surat keterangan sehat tersebut.

“Silahkan nanyak kepada dokternya, yang menentukan sehat tidaknya kan dokter bukan panitia,” tuturnya.

Sementara itu, Sahe selaku Bacakades saat dikonfirmasi melalui via telephone mengaku memasrahkan semua kepada panitia terkait tudingan warganya.

“Saya selaku calon bagaimana apa kata panitia, kalau mau komplain silahkan ke lembaga yang mengeluarkan surat ini itu dan semacamnya, silahkan saja kompalin kesana,” tandasnya. (VIN)