Wakil Bupati Bondowoso bentuk Satgas Khusus Pajak

oleh -

BONDOWOSO: Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar membentuk Satgas Khusus pajak, hal tersebut dilakukan guna mengoptimalkan pendapatan daerah, Pemerintah Kabupaten setempat.

“Pembentukan Satgas ini kita lakukan karena ada beberapa data yang tidak sama antara objek pajak menurut Bapenda dengan Dinas Perijinan, sehingga dioptimalkan mereka-mereka mengurus ijin agar ada pemasukan dari sektor perijinan,”Ungkap Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar usai melakukan rapat koordinasi tentang pajak daerah bersama beberapa OPD. Senin, 6 Juli 2020.

Ia menambahkan bahwa pajak reklame yang tidak melakukan perpanjangan oleh vendor akan dikelola oleh daerah.

” Ada beberapa titik yang sudah tidak berijin atau sudah mati, kalau tidak diperpanjang nantinya akan dilakukan penertiban oleh Satpol PP terutama pajak reklame, apakah akan dilakukan pemotongan atau akan dikelola daerah, karena dalam perda apabila tidak dilakukan perpanjangan makan akan menjadi aset daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut Wabup Dalam masa pandemi covid 19, pajak di Bondowoso menurun hingga 30% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

” Penurunannya sekitar 30% dimasa pandemi, untuk itu kita akan melakukan optimalilasi intensifikasi dan ekstentifikasi dalam peningkatan pajak, sehingga di APBD tahun 2021 minimal pajak kita mendekati normal seperti sebelumnya,” pungkasnya.

Adapun pendapatan daerah melalui pajak, Selain pajak reklame, ada beberapa pajak seperti, pajak UMKM, pajak air bawah tanah, pajak parkir, Pajak Wisata dan pajak IMB.

NOE