Visi Nyentrik Mengantarkan Jawahir Jadi Kades Labuhan Sreseh

oleh -
Jawahir S.Pdi, kades terpilih Desa Labuhan Kecamatan Sreseh usai mengikuti pelantikan dan pengucapan sumpah

Sampang – Tidak ada yang menduga pemuda asal Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh, Jawahir, bakal terpilih sebagai kepala desa (Kades) periode 2020-2026.

Melalui kerja keras dan visi nyentriknya dia berhasil meraup suara terbanyak hingga dapat mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Bupati Sampang di Aula Trunojoyo, Kamis (23/01/20).

Sederhana sekali visi yang ia buat untuk mendapat dukungan dari masyarakat Desa Labuhan, yaitu Mewujudkan Labuhan MANIS. Dari lima huruf itulah ia kembangkan menjadi kata yang mudah diingat tapi bermakna hingga dijadikan dasar sebagai visi dan misi dalam memimpin Desa Labuhan selama enam tahun ke depan.

Kata MANIS yang ia maksud yaitu:

MELAYANI: Memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan menyediakan kantor pusat pelayanan dan aplikasi pelayanan online serta mengoptimalkan SDM yang ada dengan semangat muda.

ASPIRATIF : Melibatkan masyarakat dalam penyusunan program mulai dari program jangka pendek, menengah, dan panjang. Mulai dari musyawarah dusun (Musdus) atau Musyawarah rencana pembangunan desa (Musrembangdes).

NYAMAN : Menciptakan suasana yang kondusif dan guyub antar warga untuk mewujudkan kebersamaan masyarakat.

INDAH : Menciptakan lingkungan yang bersih serta membangun akses wisata untuk memanfaatkan sumber daya alam dan potensi wisata lainnya.

SEJAHTERA : Optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai wujud kemandirian ekonomi desa dengan mendirikan koperasi guna peningkatan pendapatan asli desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Setelah resmi dilantik menjadi kepala desa, Jawahir berharap ke depan desa yang dia bina menjadi desa percontohan. Guna mewujudkan itu semua ia berharap seluruh elemen masyarakat Desa Labuhan dapat bersama- sama bersinergi membangun desa.

“Sejatinya Desa Labuhan adalah milik bersama dan kemajuan Desa Labuhan ke depan menjadi tanggung jawab bersama juga,” jelasnya.

Visi yang Jawahir paparkan senada dengan imbauan yang disampaikan oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi ketika memberikan sambutan usai melantik 38 kades terpilih.

Bupati mengimbau kades terpilih meningkatkan gotong royong dan rasa tanggung jawab dalam membangun desa serta menjaga keamanan desa.

“Jabatan yang kita emban saat ini diniatkan sebagai ibadah, memiliki rasa tanggung jawab, meningkatkan gotong royong dan menjaga keamanan desa,” pesannya.