Unipdu dan Konjen Amerika Serikat Beri Beasiswa Pelajar Kurang Mampu Belajar Bahasa Inggris

oleh -

JOMBANG-Sebanyak enam puluh siswa/pelajar kurang mampu di Kabupaten Jombang mendapat beasiswa pendidikan bahasa Inggris di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu). Program tersebut bekerja sama dengan Konsulat Jenderak (Konsul) Amerika Serikat (USA) yang berlangsung selama dua tahun (2016-2018), Rabu (29/08/2018).

Selama proses belajar mereka didampingi oleh tenaga pengajar yang berkompeten yang mendapar training khusus. Selain belajar tentang bahasa puluhan pelajar ini juga mendapat pengetahuan khusus tentang perbedaan dan persamaan budaya Indonesia dan Amerika misalnya persamaan Indonesia dan Amerika yabg sangat menjunjung tinggi keberagaman.

Wakil Rektor Unipdu, KH Zulfikar Asad mengatakan bahwa selama dua tahun sebanya enam pelajar yang terpilih di Kabupaten Jombang ini mengikuti program pembinaan Bahasa Inggris yang dimulai sejak 2016. Animo pelajar/mahasiswa cukup bagus untuk mengikuti program yang merupakan kerjasama dengan Konjen Amerika Serikat.

Dari ratusan pendaftar waktu itu, akhirnya dilakukan seleksi secara ketat, hingga ada 60 peserta yang telah diterima. Dan yang kita utamakan pelajar dari keluarga kurang mampu. Program ini sangat bagus, sehingga kami berharap tidak berhenti sampai disini dan ada tindak lanjutnya,” terang Gus Ufik kepada wartawan usai memberikan sertifikat kepada peserta beasisqa bahasa inggris kerjasama Konjen Amerika Serikat.

Sementara itu, Konjen Amerika Serikat Mark McGoven sangat terkesan dan mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin. Mark memberikan ucapan selamat kepada 60 peserta pendidikan Bahasa Inggris yang telah lulus dan menginginkan mereka bisa memberikan kontribusi yang kepada negara. Selain itu program yang terjalin merupakan membangun hubungan antara Amerika dan Indonesia menjadi baik.

” Selamat kepada peserta program ini, kita memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk belajar Bahasa Inggris. Karena pembangunan yang baik adalah lewat pendidikan. Tidak hanya belajar tentang bahasa, peserta juga dikenalkan tentang budaya Amerika. program ini juga bertujuan membangun hubungan Indonesia dan Amerika Serikat menjadi semakin baik,” pungkasnya.

Keterangan Poto

– Konjen Amerika Serikat Mark McGoven menyerahkan secara langsung sertifikat kelulusan kepada peserta bersama Bradley Horn (Regional English Language Office), Wiati Rahayu (Indonesia International Education/IIEF), serta Wakil Rektor Unipdu HM Zulfikar Asad. @VIN