STNK Dan TNKB Ganda Disahkan Oleh Polri

oleh -
ilustrasi plat nomor
ilustrasi plat nomor

SURABAYA – Ternyata TNKB (tanda Nomer kendaran bermotor) yang biasa disebut plat Nomer dan STNK (surat tanda Nomer kendaraan) ada yang mempunyai identitas ganda meski hanya satu unit fisik kendaran bermotor. STNK dan TNKB ganda berkategori tersebut bernama nopol khusus, dan di sahkan oleh Polri.

Apa nopol (Nomer polisi) khusus? Dan siapa yang boleh memilikinya? Secara umum TNKB dan STNK yang dikeluarkan oleh Samsat masing masing wilayah memiliki satu surat kendaraan bermotor didalam satu fisik unit kendaraan bermotor.

Ada tiga kategori nopol, antara lain warna hitam, kuning dan merah. Untuk plat warna hitam kendaran pribadi atau perorangan, plat warna kuning dimiliki oleh perusahaan atau digunakan untuk angkutan umum, dan warna merah digunakan untuk mobil dinas.

Dan ternyata untuk nopol plat warna merah bisa difungsikan sebagai nopol khusus atau mempunyai dua STNK dan TNKB dari satu unit fisik kendaraan bermotor.

Pengajuan nopol ganda tersebut harus melalui beberapa proses persyaratan yang harus dipenuhi. Hal tersebut dibenarkan oleh Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Teddy Candra.

“Jenis nopol khusus memang di sahkan dan tidak melalui proses cetak di samsat namun secara keabsahannya yang berwenang adalah Mapolda Jatim, tugas kami bila menemukan hal tersebut di jalan raya, ternyata nopol khusus (ganda) tersebut sesuai dengan keabsahan makan tidak kita tilang,” ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Secara prosedur pengajuan nopol khusus mempunyai beberapa tahap yang harus di penuhi. Dimana pengajuan awal harus melalui Satuan Intelkam di Kepolisian Daerah masing masing, dan bila hasil seleksi di setujui maka berlanjut ke Direktorat Lantas Kepolisian Daerah (Polda Jatim).

Hal tersebut juga diutarakan oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Darnawan , “kategori nopol khusus bisa diajukan mengunakan mobil Dinas dan dari pengaju minimal berkedudukan sebagai Kepala Dinas di kota besar. Untuk STNK dan TNKB warna hitam hanya mempunyai masa berlaku 1 tahun, dan TNKB dan STNK plat merah tetap nopol yang lama, juga yang berwenang untuk menyetujui dikeluarkannya nopol khusus adalah dari Satuan Intelkam, “ujarnya.

Dijelaskan oleh Budi Indra Darmawan untuk nopol khusus atau nopol ganda (plat merah/ kendaraan dinas dan plat hitam/kendaraan pribadi) bisa dikeluarkan bila memenuhi kategori antara lain, pengaju minimal adalah Kepala Dinas kota besar, Bupati, Walikota dan tingkatan lebih atas, Disetujui oleh Sat Intelkam Polri, Pengajuan plat nopol hitam memang digunakan untuk urusan pekerjaan atau penyelidikan sesuai bidangnya. VIN