TKN: Isu Agama Tak Ngefek “Goyang” Jokowi-Ma’ruf Amin

oleh -

SURABAYA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menilai isu agama yang digunakan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak mampan menurunkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin. Justru sebaliknya, kata Hasto, isu agama itu menguntungkan pasangan nomor urut 01.

“Buktinya, banyak sekarang pendukung Prabowo-Sandiaga yang sudah balik kanan. Karena mereka termakan dengan isunya sendiri,” kata Hasto, di sela kunjungannya ke Posko Tim Pemenangan Daerah (TKD) Jatim untuk Pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Surabaya, Jum’at (25/1/2019).

Menurut Hasto, isu agama untuk menyerang Jokowi-Ma’ruf justru menaikkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf. Misalnya di Jatim, elektabilitasnya mencapai 63 persen dari sebelumnya sekitar 54 persen.

“Penampilan Jokowi dalam debat capres kemarin, biasa dilakukan saat dialog dengan masyarakat, sehingga membuat simpati masyarakat. Banyak masyarakat yang suka dengan penampilan Jokowi saat debat,” ujarnya.

Meski naik, lanjut Hasto, tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf tidak mudah berbangga diri. Justru dengan angka elektabilitas tersebut, memicu partai untuk memperkuat kunjungan ke sejumlah daerah yang ada di Jatim.

“Salah satunya dengan safari politik sekarang ini, untuk perkuat elektoral Pak Jokowi-Ma’ruf. Kedepan kita ingin pemerintah kuat dan stabil,” ujarnya.

Hasto berkunjung ke posko TKD Jatim, setelah melakukan Safari Politik Kebangsaan ke-VI di Jatim. Kegiatan yang digelar mulai hari ini hingga Senin mendatang, bertujuan memperkuat dukungan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Jatim.

Dalam kegiatan Safari Politik Kebangsaan ini, Hasto mengaku akan mengunjungi sejumlah pondok pesantren dan ziarah ke sejumlah ulama di Jatim. Selain itu, pihaknya juga akan menggelar konsolidasi internal partai dan juga pertemuan dengan partai pengusung Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Koalisi yang diberi nama Koalisi Indonesia Kerja (KIK) rencananya akan menggelar pertemuan pada Senin pekan depan di Banyuwangi. “Kami ingin memastikan bahwa seluruh Parpol Koalisi Indonesia Kerja bergerak serentak untuk kemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” kata politisi yang juga Sekjen DPP PDIP itu.

Hal senada dikatakan politikus PDIP, Djarot Saiful Hidayat. Dia meminta pada semua pendukung Jokowi-KH Ma’ruf untuk menunjukkan kinerja petahana ini ke masyarakat. Terutama prestasi dalam membangun infrastruktur.

“Tidak hanya Jokowi yang disosialisasikan, tapi juga KH Ma’ruf Amin. Saya tahu elektoral Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Jatim cukup tinggi, 63 persen. Tapi itu tidak membuat kita besar kepala dan tetap akan turun ke bawah,” kata Djarot.

EDITOR : Nurul Arifin