Tingkat Pendidikan di Bondowoso Masih Rendah, Angka Lama Sekolah 7-8 Tahun

oleh -
Ilustrasi anak sekolah (Foto: UNops.org)

BONDOWOSO – Tingkat pendidikan di Kabupaten Bondowoso saat ini masih tergolong rendah. Indikasinya, angka lama sekolah masih di kisaran 7-8 tahun.

Sehubungan dengan hal ini Bupati Bondowoso dan Wakil Bupati Bondowoso berkomitmen dalam jangka waktu tiga tahun angka lama sekolah naik menjadi 13-14 tahun. Angka tersebut diyakini bakal menjadikan Kabupaten Bondowoso lepas dari status daerah tertinggal dan termiskin.

Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar mengungkapkan akan berupaya mengubah pola pikir masyarakat Bondowoso untuk lebih mengedepankan pendidikan.

“Kalau pendidikan masyarakat Bondowoso di atas rata-rata, maka mereka akan berfikir secara jernih dan positif. Misalnya mengembangkan usaha-usaha diberbagai bidang sehingga akan melahirkan produk-produk unggulan di Bondowoso yang nantinya akan mempunyai nilai tawar lebih di mata konsumen,” jelas Wabup usai mengikuti Safari Pendidikan di Kecamatan Pakem Bondowoso, Kamis (21/2/2019).

Wabup menambahkan dengan pendidikan masyarakat di atas rata-rata secara otomatis akan mengurangi angka kemiskinan di Bondowoso.

“Kalau kita lihat, angka kemiskinan di Bondowoso saat ini mencapai 14,39% dari total keseluruhan, kalau kita cuma mengandalkan anggaran dari daerah akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, kita harus mengupayakan untuk masyarakat Bondowoso agar lebih memperhatikan pendidikan demi masa depan yang cerah.

Editor : Ahmad Saefullah