Tingkat Partisipasi Pemilih di Jombang Lebihi Target

oleh -

JOMBANG – Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Jombang pada Pemilu 2019 melebihi target. Hal ini disampaikan oleh Kepala Divisi SDM dan Parmas KPUD Jombang. 

Berdasarkan laporan yang masuk ke KPU dari tiap – tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang. Tingkat partisipasi berkisar sekitar 83 persen, dan ini melebihi target yang ditentukan yakni sebesar 77,5 persen. 

“Alhamdulillah tingkat partisipasi pemilih melebihi target, yakni sebesar 83 persen,” tutur Drs. Moh Fatoni, Kepala Divisi SDM dan Parmas KPUD Jombang, pada awak media saat pantau jalannya rekapitulasi di Kecamatan Jombang, Sabtu (20/04/2019).

Ia menambahkan, dari tiap – tiap Kecamatan tingkat partisipasinya sangat bervariasi. Namun, prosentasi yang paling rendah masih di atas target. 

“Tiap Kecamatan sangat bervariasi, yang terendah berkisar sampai 80 persen bahkan ada yang cukup tinggi hingga mencapai 86 persen,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Fatoni menjelaskan, bahwa meningkatnya partisipasi pemilih yang sangat signifikan ini kemungkinan disebabkan karena pemilihan legislatif yang bersamaan dengan pemilihan presiden. 

“Ya kemungkinan digelarnya pemilu serentak antara pemilihan legislatif dengan pilpres, sehingga animo serta antusias masyarakat sangat tinggi,” imbuhnya. 

Sementara itu, saat disinggung terkait hasil perolehan suara untuk pemilihan presiden, ia belum bisa menjawab, sebab masih menunggu dari hasil real count yang di lakukan oleh KPU. 

“Untuk perolehan suara pilpres masih belum diketahui, sebab hari ini masih tahap rekapitulasi tingkat Kecamatan, dan selanjutnya ke tingkat Kabupaten. Jadi harus menunggu hasil dari real count yang di keluarkan oleh KPU,” pungkas Fatoni. 

Editor : Rusmiyanto