Timses Jokowi di Jatim Rapatkan Barisan, Tiga Bulan Jelang Pilpres

oleh -

SURABAYA – Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menggelar rapat konsolidasi di Surabaya, Selasa (15/1/2019). Ada tiga poin penting dalam rapat yang dihadiri sembilan pimpinan partai politik dan anggota Koalisi Indonesia Kerja tingkat Jatim.

“Pilpres kurang 3 bulan lagi, kita perkuat konsolidasi. Ada tiga agenda yang dibahas langkah TKD Jatim untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf,” kata Ketua TKD Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Pertama, optimalisasi caleg dalam memenangkan Jokowi-Maruf Amin. Sebab, kata Machfud, Pilpres dan Pileg yang akan dilaksanakan bersamaan, bisa menimbulkan dilema antara kerja pemenangan caleg dan capres. “Makanya kita dorong itu dalam satu tarikan napas. Mumpung masih ada waktu, caleg-caleg harus mengoptimalkan geraknya untuk Jokowi-Maruf,” kata Machfud.

Kedua, optimalisasi Bupati/Wali Kota di Jatim. Mayoritas kepala daerah di Jatim adalah kader parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf. “Kita ingin suara Pak Jokowi secara teritorial benar-benar bisa diamankan. Tentu dengan tidak melanggar aturan. Bagaimana strategi detil optimalisasi kepala daerah, tidak bisa saya omongkan terbuka,” kata Machfud.

Ketiga, rekrutmen saksi untuk mengawal suara Jokowi-Ma’ruf dari tingkat TPS. Karena itu, Machfud berharap kepada pimpinan parpol, selaku pengambil keputusan di masing-masing partai, juga bisa menyiapkan langkah-langkah strategis, teknis, dan detil untuk segera dikebut.

“Sehingga pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Jatim benar-benar aman. Kita bukan lagi mengejar target 70 persen, tapi di atas itu. Karena itu, kita harus terus turun ke bawah dengan cara tatap muka langsung dengan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua PKB Jatim Halim Iskandar menambahkan, konsolidasi ini semakin memperkuat kolaborasi antar parpol menyambut Pilpres 2019.

“TKD Jatim mengelaborasikannya dengan banyak elemen lain, termasuk relawan. Intinya hari ini kita ingin memperkuat langkah agar ke depan target pemenangan sebesar 70 persen bisa dicapai,” ujar Halim. @VIN