Tiga titik macet di Jombang saat arus mudik 2018

oleh -

JOMBANG-Satuan Lalulintas Polres Jombang Jawa Timur tercatat sebanyak tiga titik Jalur Rawan macet saat arus mudik balik lebaran 2018 yang ada di wilayah hukum polres jombang.

Ketiga titik tersebut yakni di kecamatan Mojoagung, Kecamatan Bandar kedungmulyo, serta Kecamatan Ploso.

“Tidak ada yang berbeda dengan tahun yang lalu fokus kita masih di tiga titik yang ada, dan penyebab utama adalah penyempitan jalur yang ada di kawasan tersebut,”ujar Kepala satuan Lalulintas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana saat ditemui medcom.id dikantornya. Kamis (7/6/2018).

Ia menyebutkan upaya untuk mengatasi kepadatan arus di wilayah yang menjadi perhatian khusus tersebut, pihaknya akan memanfaatkan beberapa jalur fungsional serta jalur alternatif guna mengurai kemacetan.

Untuk di kecamatan Mojoagung pihaknya akan memanfaatkan Ring Road Mojoagung untuk menghindari kepadatan arus di tiga jembatan yang ada di kecamatan tersebut, Sedangkan untuk di Kecamatan Bandar kedungmulyo pihaknya akan memberlakukan jalur tol fungsional sebagai pemecah arus kendaraan, begitu juga di kecamatan Ploso upaya rekayasa lalu lintas akan diberlakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan di Simpang Tiga Ploso.

“Pola-pola pengalihan arus seperti buka tutup jalur, pemberlakuan contraflow serta kanalisasi lajur akan kita lakukan untuk menghindari kepadatan arus di tiga titik rawan kemacetan yang ada di Kabupaten Jombang,” imbuhnya.

Masih menurut Inggal, pihaknya juga akan menambahkan anggota di lapangan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas serta berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk memilih atau pun mengarahkan pengendara pemudik ke jalur alternatif. @VIN