Tiga Kreteria Pedamping Jokowi, Mahfud MD Paling Memenuhi

oleh -
Mahfud MD (ist)

JAKARTA-Jelang 10 hari pendaftaran bakal calon Presiden dan Wakil Presiden diprediksi akan rematch Jokowi dan Prabowo. Kedua tokoh ini, masih belum membuka siapa yang bakal berada di posisi Cawapres.

Salah satu nama yang muncul dan digadang-gadang jadi pendamping Jokowi adalah Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Mahfud MD dianggap tokoh yang pantas mendampingi Jokowi, merujuk dari rekam jejak guru besar hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu yang nyaris tanpa cela. Di samping itu Mahfud dinilai tidak ambisius terhadap kekuasaan.

Peneliti senior Poltracking Indonesia, Ahmad T Wibowo sepakat dengan itu. “Tidak ada calon wakil presiden yang sempurna. Tetapi, kita bisa mengatakan bahwa figur tepat pendamping Jokowi adalah sosok yg bisa melengkapi kebutuhan Pak Jokowi saat ini. Paling tidak tiga hal,” kata Bowo, sapaan akrabnya, saat dihubungi di Jakarta, Senin (30/7/2018).

Pertama, Bowo menjelaskan, figur itu mampu menutup kebutuhan elektabilitas Jokowi. Selain itu, figur tersebut harus diterima kalangan pemilih muslim, sebab selama ini selalu diopinikan bahwa Jokowi berseberangan dengan kalangan muslim.

Faktor berikutnya, lanjut Bowo, figur itu harus diterima partai koalisi pendukung pemerintah atau minimal tidak mengganggu koalisi Jokowi.

“Pak Mahfud MD saya kira ada peluang. Masih ada waktu untuk menaikkan citranya dalam memperkuat elektabilitas Jokowi,” ujarnya. Mahfud juga dikenal sebagai tokoh muslim moderat yang kapabel dan berintegritas sertaa mendapat dukungan masyarakat antikorupsi dan civil society.

Secara ketokohan, tambah Bowo, Mahfud MD juga dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan relatif dapat diterima oleh seluruh partai koalisi.

“Jika kalkulasi atas aspek-aspek tersebut yang dinilai, maka sosok Mahfud MD paling cocok mendampingi Pak Jokowi,” tegasnya.

Sebelumnya, Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) kemarin mendeklarasikan dukungan untuk Mahfud MD sebagai calon wakil presiden Joko Widodo di Pilpres mendatang.

Pembina Relawan Jokowi Mahfud MD, Syaiful Ma’arif, menyebut beberapa kelebihan Mahfud dibanding figur-figur yang selama ini disebutr-sebut sebagai calon pendamping Jokowi. Hal itulah yang menjadi alasan pihaknya siap menjadi relawan Jokowi-Mahfud MD.

Mahfud MD, menurut Syaiful, memiliki integritas tinggi yang dibuktikan dengan pengalaman Mahfud MD saat menduduki beberapa jabatan strategis, mulai Menteri Pertahanan, Menteri Kehakiman, Anggota DPR RI, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi. Di era Jokowi, Mahfud juga didapuk sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dari segi keilmuan, Mahfud MD juga dianggap memiliki pengalaman akademik yang mumpuni. Mahfud yang juga menyandang gelar doktor Ilmu Hukum Tata Negara dari UGM ini dinilai ahli di bidang hukum serta bidang ketatanegaraan. @VIN