Tiga Kecamatan di Kabupaten Jombang Diterjang Angin Puting Beliung

oleh -

JOMBANG-Hujan deras disertai angin kencang yang menimbulkan terjadinya angin puting beliung kali ini melanda wilayah Kabupaten Jombang. Sedikitnya ada 3 Kecamatan yang terdampak bencana tersebut. Peristiwa terjadi sekira pukul 15:15 Wib, pada Senin 07/01/19.

Ketiga kecamatan yang terdampak yakni, Kecamatan Ngoro, Kecamatan Diwek serta Kecamatan Jombang. Terdapat kerusakan yang berbeda – beda yang disebabkan ganasnya angin puting beliung di tiap Desa yang ada di 3 kecamatan tersebut.

Di Kecamatan Jombang, angin puting beliung memporak – porandakan sedikitnya 7 rumah di Dusun Banjar Kerep, Desa Banjardowo. Kerusakan rata – rata terjadi pada atap rumah, genting serta asbes berhamburan. Bahkan angin sempat menerbangkan atap garasi mobil yang terbuat dari seng.

Beda yang terjadi di Dusun Bangle, Desa Genuk Watu, Kecamatan Ngoro, di sana terdapat 2 kandang ayam yang roboh. Namun juga ada 2 rumah yang terdampak. Sedangkan di Kecamatan Diwek, tepatnya di Desa Pandan Wangi, hanya terdapat pohon yang tumbang dan menutup ruas jalan.

Kepala Desa Banjardowo, M Irwanto menegaskan, bahwa di desanya terdapat 7 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak berat. Pihaknya masih menghitung dan mengecek di tiap – tiap rumah yang terdampak.

“Kurang lebih ada 7 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak berat. Tidak ada korban jiwa, kalau kerugian ditafsir sekitar 30 jutaan mas. Besok pagi kami akan kerahkan warga untuk gotong royong membersihkan sisa – sisa reruntuhan dan membenai rumah – rumah yang rusak,” ucapnya saat ditemui kabarjatim di Tkp.

Di Desa Pandan Wangi, pohon yang tumbang sudah dievakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang. Dengan menerjunkan satu tim dan alat gergaji mesin.

“Kami dapat laporan bahwa ada pohon tumbang yang menutup setengah badan jalan di Jln. Raya Pandan Wangi. Kami segera terjunkan tim ke lokasi guna evakuasi pohon tersebut supaya lalu lintas bisa lancar kembali,” ucap Gunadi, kasi Pencegagan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang.

Beruntung tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa bencana angin puting beliung yang terjadi di 3 Kecamatan di Kabupaten Jombang. Hanya saja kerugian yang ditimbulkan total dari 3 Kecamatan ditafsir mencapai ratusan juta rupiah. @VIN