Tiga Bulan DPO, Penadah Barang Curian Akhirnya Diringkus

oleh -

SURABAYA – Budi (61) warga Jalan Wonokusumo Gang Damai, Surabaya dibekuk anggota Reskrim Polsek Semampir, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Pelaku yang sempat menjadi daftar pencarian orang (DPO) selama hampir 3 bulan itu dibekuk lantaran terlibat beberapa kasus.

Tersangka ditangkap pada hari Senin (13/8/ 2018) lalu, karena terbukti membeli perhiasan emas hasil curian dari salah satu tersangka bernama Yuli Isnawati yang sudah tertangkap lebih dulu.

Penangkapan ini bermula dari tersangka Yuli Isnawati telah mencuri perhiasan milik kerabatnya sendiri benama Siti Kholifah warga Jalan Tenggumung Karya Lor Surabaya beberapa waktu lalu.

Perhiasan emas seberat 100 gram tersebut dijual kepada tersangka Budi dan dibelinya seharga Rp.34 Juta.

Kepada penyidik, pelaku yang biasa dipanggil abah ini mengaku tidak tahu jika emas yang dibelinya merupakan hasil dari tindak pidana pencurian.

“Saya tidak tahu kalau emas itu hasil curian, Karena dia (Yuli Isnawati) mengaku emas tersebut milik saudaranya,” aku Budi.

Kapolsek Semampir Kompol H Naufil Hartono memaparkan, tersangka ini terbukti melakukan tindak pidana dan melanggar hukum.

“Setelah menerima keterangan dari pelaku pencurian, jika Budi ini adalah penadah petugas langsung melakukan penangkapan,” sebut Naufil, Jum’at (17/8/2018).

Budi sendiri merupakan juragan emas asal Desa Temoran Omben Sampang Madura dan sudah 35 tahun berjualan emas di salah satu toko emas di pasar Wonokusumo Surabaya.

Kini dia menambah daftar penghuni penjara Polsek Semampir. Polisi menjeratnya dengan

Pasal 480 KUHP yang ancamannya 7 tahun penjara. @Vin

Caption : Pelaku penadah barang curian menutupi wajah (Eko Yono/Kabarjatim)