Terkait Korupsi JAMKRIDA, Kejati Jatim Akan Periksa Lima Orang

oleh -
Kasi Penkum Kejati Jatim Richrad Marpaung
Kasi Penkum Kejati Jatim Richrad Marpaung

SURABAYA-Sebanyak lima orang akan diperiksa dalam dugaan kasus korupsi PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Jatim senilai Rp6 miliar. Semua pihak yang terlibat langsung akan diperiksa oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim termasuk Gubernur Jawa Timur selaku pemegang saham dalam BUMD tersebut.

“Sepanjang orang itu punya keterkaitan langsung dengan dugaan korupsi, kita akan periksa. Gubernur Jatim (Soekarwo) kalau ada keterkaitan langsung juga akan kita periksa,” Kasi Penkum Kejati Jatim Richard Marpaung, Selasa (6/11/2018).

Terkait lima orang yang akan diperiksa pekan depan, Richard enggan menyebutkan secara rinci lima orang tersebut. Dugaan korupsi di PT Jamkrida tersebut berawal dari temuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dari audit yang dilakukan lembaga yang mengawasi perbankan itu ditemukan, pada 2016 ada dana Rp6 miliar yang keluar dari PT Jamkrida Jatim. Dana itu awalnya diperuntukkan bagi debitur yang mengalami gagal bayar.

Namun oleh oknum di PT Jamkrida Jatim digunakan untuk keperluan lain. Sejauh ini masih ada satu orang oknum di PT Jamkrida yang diduga melakukan penyelewengan. “Kita akan segera tuntaskan penyidikan. Makanya kami terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi,” terangnya. @VIN