‘Teman Jokowi’ Akan Deklarasi di Jatim

oleh -
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Teman Jokowi, Samsul B Ibrahim
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Teman Jokowi, Samsul B Ibrahim

SIDOARJO-Usai Mendeklarasikan diri di Jakarta, sebuah organisasi relawan yang disebut “Teman Jokowi (TJ)” berencana melakukan deklarasi kedua di Jawa Timur. Dalam deklarasinya tersebut, TJ bakal mengkampanyekan tiga program yang sekaligus menjadi perjuangannya dalam mendukung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden dua periode pada 2019-2024.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Teman Jokowi, Samsul B Ibrahim mengungkapkan Teman Jokowi merupakan organisasi relawan yang terlibat langsung dalam memenangkan Jokowi menjadi Presiden pada saat Pilpres 2014 lalu.

Organisasi ini terbentuk sebagai wadah penyalur aspirasi masyarakat untuk memperjuangkan Presiden Jokowi guna melanjutkan kepemimpinannya pada periode mendatang.

“Sepekan lalu kami sudah deklarasi di Jakarta. Dan Insya Allah Awal Agustus ini kami akan melakukan deklarasi di Jawa Timur yang bertempat di Blitar,” ujar Samsul B Ibrahim saat ditemui dikawasan Juanda, Minggu (22/7/2018).

Deklarasi itu tidak hanya berjalan di Jakarta dan Jawa Timur saja, melainkan di seluruh Indonesia. Dalam deklarasinya, Teman Jokowi tidak hanya sekedar mendukung Jokowi untuk menjadi Presiden RI dua periode. Teman Jokowi membawa tiga program yang turut serta dikampanyekan sebagai keprihatinan bangsa agar bisa dikembangkan pada periode selanjutnya.

“Ada tiga program yang kami Kampanyekan di Jawa Timur nantinya, yakni tentang nasib Petani, Millenial, dan Sosial,” tuturnya.

Sektor pertanian menjadi penting untuk mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial. Terutama hal itu terletak pada nasib petani. Banyak sekali problematika di sektor pertanian yang membuat para petani masih belum bisa dikatakan sejahtera.

“Kenapa kami fokus di pertanian. Karena 30 persen pemilih itu petani. Hadirnya kita memberikan solusi. Masih banyak petani yang masih belum bisa dikatakan sejahtera. Persoalan petani saat ini menjadi persoalan bisnis. Yang ada justru, keberadaan petani begitu-begitu saja. Mungkin jika bisa ada lahan kosong, bisa kita optimalkan untuk keberlanjutan pertanian,” jelasnya.

Disinggung alasan kenapa memilih Jokowi untuk dua Periode? Menurutnya, setiap pergantian kepemimpinan maka berganti pula kebijakan. Sehingga program yang belum tuntas, akan berhenti begitu saja dan akan digantikan dengan program yang baru dengan kemasan yang berbeda pula. Sosok Jokowi Dimata masyarakat saat ini, lanjutnya merupakan sosok pemimpin yang mampu mengatasi beberapa persoalan yang ada di Indonesia.

“Kita sangat tahu, masyarakat sudah bisa merasakan betul manfaatnya dari perbaikan infrastruktur seperti tol. Lebaran kemarin sudah banyak merasakan keuntungan dari keberadaan tol. Jika biasanya harus menempuh perjalanan berjam-jam, kemarin kita rasakan hanya beberapa jam saja sudah sampai. Itulah alasan kami kenapa menginginkan Jokowi untuk kembali menjadi Presiden,” tegasnya.

Kedua, adalah persoalan Millenial. Banyak dari kalangan anak petani justru berhenti dan memilih kerja diluar. Hal itu sangatlah berbeda dengan sosok Muslahudin Daud (42) asal Aceh. Ia lebih memilih menanggalkan pekerjaannya sebagai Social Development Specialist di World Bank dengan gaji puluhan juta dan kembali menjadi petani sukses.

“Dia sudah kami ajak bergabung untuk membantu para petani di Indonesia. Dia aceh sana yang dulu nya banyak lahan Ganja sudah dioptimalkan menjadi lahan kopi. Jadi pria ini mampu mengajak para milenial untuk menggeluti sektor pertanian. Mudah-mudahan deklarasi dengan petani nantinya bisa terwujud,” tandasnya.

Disamping itu, juga bakal digelar acara sosial. Menurutnya sudah banyak dokter yang bergabung untuk membantu acara bakti sosial seperti pengobatan kepada petani. “Bisa jadi sunatan massal, operasi katarak, bibir sumbing maupun pengobatan terhadap petani. Dan perlu diketahui, Teman Jokowi tidak pernah ikut serta dalam penentuan wapres. Itu ranahnya politik. Saya kira parpolnya bisa menyelesaikan itu. Dan kami berharap banyak agar pak Jokowi bisa melanjutkan programnya untuk membantu para petani dimasa mendatang,” pungkasnya. @VIN