Telur Busuk Penuh Belatung serta beras tak layak Konsumsi masih ditemukan dalam BPNT di Jombang

oleh -

JOMBANG-Telur dan Beras dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Jombang Jawa Timur tidak layak konsumsi. Di Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan ditemukan telur dari BNPT pecah dan penuh belatung.

Pantauan dilokasi meskipun sudah dikemas rapi dengan kotak mika, tetap saja telur membusuk dan mengeluarkan belatung. Satu kota mika tersebut berisi sepuluh butir telur. Sedangkan untuk beras dikemas dalam karung plastik dengan berat bersih 7 kilogram, tak layak konsumsi karena beras dalam kondisi lembut.

“Untuk telurnya datang pada hari kamis dan beras datang pada hari jumat, karena data belum valid baru pada hari ini dibagikan,”ujar Kasi Permerintahan desa Morosunggingan, Suyanto, saat ditemui di balai desa setempat, Minggu (25/11/2018).

Kondisi telur busuk dan berbelatung membuat warga yang tergabung dalam Keluarga penerima manfaat (KPM) didesa tersebut mengembalikan.”Hampir 60 Hingga 70 persen dikembalikan karena kondisnya seperti yang ada lihat tadi,” imbuhnya.

Sementara terkait kondisi beras, dalam kemasan tertulis bulir rata 98 persen dan menir maksimal 2 persen, namun fakta dilapangan hampir kessluruhan kondisi beras berupa menir.

Akibatnya Kondisi tersebut, Penyaluran BPNT di Desa Morosunggingan dihentikan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Ratusan warga yang nengantri sejak pagu hari harus pulang dengan tangan kosong. Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak suplier terkait bantuan tersebut. @VIN