Tagana Tuban Gelar Simulasi Sekolah Darurat

oleh -

TUBAN – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban bekerjasama dengan beberapa Dinas lingkup Pemkab Tuban, menggelar kegiatan Simulasi Sekolah Darurat dan Try Out Ujian Nasional, bertempat di lapangan Desa Kenongosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Kamis (28/02/2019).

Kegiatan diikuti oleh 338 siswa dari 10 Sekolah Dasar dan 7 Madrasah Ibtidaiyah yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo wilayah Kecamatan Soko.

Selain itu kegiatan dihadiri oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Tuban, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Forkopimka Soko, Tagana Tuban, dan Pemdes Kenongosari.

Mohamad Zaenuri, Koordinator Tagana Kabupaten Tuban mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan simulasi sekolah darurat. Dengan tujuan untuk memberikan gambaran ketika terdapat sebuah bencana, pendidikan atau hak anak untuk belajar dapat terpenuhi dan terus berjalan.

” Ini bentuk contoh atau gambaran, meskipun sekolahnya tergenang air tetapi proses belajar tetap bisa dilaksanakan dalam kondisi darurat, ” terangnya kepada kabarjatim.com.

Lebih lanjut, Zaenuri menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah kedua kalinya yang dilakukan oleh Tagana Kabupaten Tuban. Sebelumnya simulasi sekolah darurat diadakan di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

” Harapanya bisa menjadi pembelajaran untuk semua siswa, terutama yang berada diwilayah terdampak bencana. Meskipun dalam keadaan darurat, pendidikan bisa terus berjalan, ” pungkasnya.

Dalam simulasi hari ini siswa siswi juga mengerjakan soal Try Out Nasional di sebuah tenda terbuka, seolah-olah sedang berada dalam kondisi darurat bencana.

Editor :  Rusniyanto