Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Sumenep

oleh -

SUMENEP – Hiruk pikuk soal adanya tabloid Indonesia Barokah yang tengah viral beberapa waktu lalu di media sosial ternyata juga tersebar di sebagian daerah di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Tabloid tersebut ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi. Dari penelusurannya, tabloid itu ditemukan disalah satu masjid di Sapudi.

Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris, mengatakan pertama kali tabloid tersebut ditemukan di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi.

“Berdasarkan laporan Panwascam, sementara ini masih ditemukan di Kepulauan Sapudi. Tabloid tersebut dikirimkan ke alamat salah satu masjid disana,” katanya pada sejumlah media.

Menurutnya, tabloid tersebut berisi tentang prestasi Calon Presiden nomor urut 01, dan tidak diimbangi dengan prestasi Capres nomor urut 02. Manurut, Nuris, pemberitaan dari tabloit ini tidak berimbang.

Bahkan Nuris mengaku, bahwa belum tahu pengirim dari tabloit setebal 16 halaman. Tetapi secara garis besar isi dari tabloid tersebut berisi prestasi salah satu paslon.

“Informasinya ini sudah tersebar di banyak daerah. Dan juga saat ini di kantor pos banyak dan menunggu untuk dikirim. Tapi kami stop dulu penyebarannya,” jelasnya.

Sementara untuk yang di Kecamatan Gayam, telah diamankan di Kantor Panwaascam, itu dilakukan untuk menghindari polemik di masyarakat.

“Kami amankan karena khawatir menyebabkan perpecahan di masyarakat,” terangnya.

Saat ini Bawaslu telah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan guna menindaklanjuti beredarnya tabloid tersebut, termasuk mencari pengirimnya. Tabloid itu dikirim oleh Redaksi Tabloid Barokah Pondok Melati Bekasi.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak keamanan dalam menindaklanjuti hal ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pulau Sapudi temasuk salah satu diantara 126 Pulau di Sumenep. Disana terdapat dua Kecamatan, yakni Kecamatan Nonggunong dan Kecamatan Gayam.

Editor : Nurul Arifin