Suryo Alam Nilai APK Caleg Kurang Efisien

oleh -
Anggota Komisi X DPR RI H.M Suryo Alam Ak, MBA
Anggota Komisi X DPR RI H.M Suryo Alam Ak, MBA

JOMBANG– Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI Dari Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim VIII, Suryo Alam menilai, gambar Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang caleg kurang efektif.

“Sebenarnya para caleg sudah banyak yang masang gambar/foto di APK, tapi tidak begitu mengena. Karena masyarakat masih bertanya – tanya, calon saya ada dimana, di dalam surat suara itu namanya di sebelah mana,”ucap Suryo, saat ditemui di Jombang, Selasa (19/03).

Dirinya meminta kepada penyelenggara pemilu untuk lebih gencar dalam mensosialisasikan 5 kartu suara yang akan dipergunakan saat pemilu 17 April mendatang.

“Kami berharap pihak KPU lebih gencar lagi untuk melakukan sosialisasi, demikian juga dari kementrian dalam negri, Kominfo dan pihak – pihak penyelenggara pemilu lainnya,”ujarnya.

Pada pemilu yang akan diselenggarakan 17 April mendatang, akan dilakukan pemilihan secara bersamaan baik Pilpres dan Anggota Legislatif. Dan ini merupakan yang pertama di Indonesia. Makanya nanti akan ada 5 surat suara.

“Ini kan ada 5 surat suara, yakni untuk surat suara pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD. Dan saya rasa masih banyak masyarakat yang belum paham tata cara dalam melakukan pemilihan serta belum mengetahui bagaiman bentuk surat suara. Sebab tiap kartu suara mempunyai warna yang berbeda,”terangnya.

“Makanya kami ingin pihak penyelenggara pemilu menempelkan contoh surat suara yang ada nama serta foto calon peserta pemilu di berbagai tempat, baik di rumah – rumah ataupun tempat yang sekiranya bisa dilihat oleh masyarakat,”pungkasnya.

Editor : Nurul Arifin