Sungai di Desa Brambang Berbusa, Warganet Heboh

oleh -

JOMBANG- Warga Jombang digegerkan dengan munculnya gunungan putih yang mirip seperti awan di aliran sungai di Dusun Pranggang, Desa Brambang, Kecamatan Diwek – Jombang, Senin (07/01/2019).

Berita munculnya gunungan tersebut sempat tersebar di media sosial Facebook. Hingga mendatangkan banyak warga yang penasaran, mereka datang dari berbagai daerah yang ada di wilayah Kabupaten Jombang.

Menurut informasi yang dihimpun, munculnya gunungan putih yang mirip awan terjadi sekitar pukul 15:30 Wib. Usai wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Anehnya, setelah di dekati gunungan yang tingginya mencapai 4 meter dengan panjang sekitar 15 meter, serta hampir menutupi seluruh badan sungai tersebut ternyata seperti busa dan mengeluarkan bau sangat harum seperi sabun.

Wahyu Subianto, salah satu warga dari luar desa tersebut yang datang menyaksikan secara langsung mengatakan, ternyata gunungan putih yang di diberitakan di medsos yang katanya ada awan jatuh disungai ternyata tidak benar.

“Saya tahu dari facebook, katanya ada fenomena mirip awan jatuh di sungai. Karena penasaran, saya lantas memastikan datang ke lokasi. Eh ternyata itu busa yang entah datangnya dari mana,” ucapnya.

“Kalau didekati tercium bau harum, dan kemungkinan itu busa dari sabun,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Diwek, AKP Bambang Setyo Budi membenarkan adanya fenomena air berbusa dan berbau wangi di aliran sungai tersebut. Pihaknya lantas menerjunkan anggotanya guna memastikan fenomena gunungan putih tersebut.

“Kami sudah datang ke lokasi, tadi sudah kami ambil sample airnya dan tadi saya upayakan di semprot air supaya busanya hilang, dan sekarang busanya sudah hilang,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan asal muasal bau wangi dan busa yang berada di sungai tersebut, Namun ia menduga, busa itu disebabkan limbah rumah tangga. “Bisa saja bekas samphoo atau sabun cuci. Karena disitu kan Dam air sehingga kena grojokan akhirnya air menjadi berbusa,” pungkasnya.

Hingga malam hari, warga masih banyak yang berdatangan ingin menyaksikan fenomena tersebut. Bahkan membuat arus lalu lintas di sekitaran jalan tersebut sempat tersendat karena banyaknya warga yang memarkir kendaraannya di bahu jalan. @VIN