Sungai Desa Sumput dipenuhi busa aneh

oleh -

SIDOARJO : Warga desa Sumput Sidoarjo Kota, Kabupaten Sidoarjo mendadak heboh dengan air sungai yang dipenuhi dengan busa. Busa yang terus mengalir sepanjang satu kilometer tersebut meluap hingga permukaan sungai.

Gatot (57), Warga setempat mengatakan, sungai yang ada dikawasan desa Sumput, sejatinya kerap dijadikan arena memancing. Namun, sejak kemarin busa-busa itu muncul sedikit demi sedikit.

“Puncaknya tadi pagi busa meluap ke permukaan sungai,” ujar Gatot, Sabtu, 18 Januari 2020.

Sejak munculnya kemarin, warga belum mengetahui secara pasti sumber busa. Meski demikian hal ini bisa menyebabkan pencemaran lingkungan yang ada di sungai.

“Warga cuma khawatir kalau ikan-ikan disini sampai mati semua,” katanya.

Busa putih cemari sungai dumpit

Sejak pagi tadi, bisa yang ada disepanjang sungai desa Sumput menjadi tontonan warga. Biasanya, sungai ini kerap dijadikan tempat memancing bagi warga.

“Kami harap ada perhatian pemerintah, sebelum berdampak pada lingkungan yang ada disekitar,” harapnya.

Sementara Plt Bupati, Nur Achmad Syaifuddin mengaku baru mengetahui kejadian tersebut. Pihaknya sudah memerintahkan pihak DLHK untuk melakukan pengecekan sumber busa yang ada di sungai desa Sumput.

“Kami sudah koordinasi dengan DLHK untuk memeriksakan airnya. Apakah itu pencemaran dari limbah atau apa,” ujar Nur Achmad.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tidak akan segan-segan untuk menindak tegas jika terjadinya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah. “Kalau itu nantinya ada pelanggaran harus ditindak,” tegasnya.(Noe)