Sukses PTSL, Kendalrejo Prospek Desa Percontohan Di Tuban

oleh -

TUBAN – Proses pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) di wilayah Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, secara umum berjalan lancar sesuai tahapan-tahapanya. Meski mengalami sedikit kendala, namun pihak panitia terus berupaya untuk menuntaskan dan mensukseskan program tersebut.

Seperti yang terdapat di Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, dengan persiapan yang matang, panitia setempat berhasil menjalankan tahapan PTSL dengan lancar.

“Semua ini tidak lepas dari peran serta masyarakat. Dukungan mereka sebagai pemohon program merupakan semangat tersendiri bagi panitia untuk bekerja, ” kata Moh. Syihabuddin, Kepala Desa Kendalrejo. Rabu (13/03/2019).

Dijelaskan lagi, masyarakat sangat antusias dengan adanya program pendaftaran PTSL ini. Hal tersebut terlihat dari data pengajuan pemohon PTSL. Desa Kendalrejo mengalami kenaikan hingga 50 persen dari sebelumnya.

“Awalnya hanya ada 700 pemohon, namun saat ini naik menjadi sekitar 1.300, ” jelas Kades nan ramah ini.

Masih kata Kades Kendalrejo, progres berikut pengupayaan andil masyarakat desa dalam program PTSL ini pun menghantar desa semakin maju. Bahkan, dari pihak penyelenggara yakni Badan Pertanahan Nasional melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban rencananya akan membuat Desa Kendalrejo sebagai desa percontohan PTSL.

“Kemungkinan Kendalrejo akan jadi percontohan. BPN Tuban besok akan kesini untuk koordinasi,” pungkasnya.

Editor : Rusmiyanto