Sudah Tersambung, Jalan Ambles Mulai Disirami Aspal Basah

oleh -
Sudah Tersambung, Jalan Ambles Mulai Disirami Aspal Basah
Sudah Tersambung, Jalan Ambles Mulai Disirami Aspal Basah

SURABAYA – Jalan ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, sudah tersambung. Kini, jalan national itu mulai dilakukan proses pengaspalan.

“Tapi baru dilakukan penyemprotan dengan aspal basah, belum pengaspalan seutuhnya,” kata Syahrul, salah satu pekerja dari Pemkot Surabaya, di lokasi, Rabu (26/12).

Menurut Syahrul, penyemprotan aspal basah semula akan dilakukan pada Selasa malam. Namun, rencana itu batal lantaran hujan. “Hari ini baru disirami dengan aspal basah beberapa kali, hingga mengering,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad, mengatakan para pekerja di lapangan sudah siap melakukan pengaspalan jalan. Bahkan, jadwal pengaspalan dijadwalkan pada Selasa malam. “Namun pada Selasa malam sempat hujan, akhirnya pengaspalan ditunda hari ini,” kata Irvan.

Pantauan Kabarjatim.com di lokasi, beberapa alat berat seperti backhoe, bulldozer, masih memenuhi area sekitar Jalan Gubeng Surabaya. Alat berat itu dikerahkan untuk memadarkan jalan yang sudah terhubung.

Beberapa petugas juga terlihat tengah melakukan penyemprotan dengan aspal basah ke badan jalan, yang kini sudah tersambung. Sementara sejumlah petugas lainnya, tampak memasang sembari perapian box culvert atau gorong-gorong yang terputus pada saat kejadian jalan ambles waktu lalu.

Pemulihan jalan ambles telah memasuki hari kedelapan, pasca ambles pada Selasa malam, 18 Desember 2018. Dalam proses pengurukan hingga penyambungan tanah ambles itu, Pemkot Surabaya mengerahkan 1.800 dump truk.

Dalam sehari, 400 dump truk datang membawa pasir dan batu dari dua sisi utara dan selatan jalan ambles itu. Kini, jalan ambles itu telah terhubung, dan tengah proses pengaspalan. @VIN